CAIRR! INILAH daftar Penerima BLT EL NINO dan Cara Mengeceknya

Bantuan langsung tunai (BLT) El Nino akan cair mulai November 2023. Selain BLT El Nino, pemerintah juga akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) lain pada November ini. Klik Cekbansos.kemensos.go.id untuk melihat daftar penerima bansos termasuk BLT El Nino 2023.


BLT El Nino 2023 adalah bantuan uang tunai kepada masyarakat miskin untuk mengurangi dampak kenaikan harga pangan akibat El Nino. Diberitakan Kompas.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkap, pemerintah menyediakan anggaran BLT El Nino 2023 sebesar Rp 7,52 triliun.


BLT El Nino 2023 akan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat. Menurutnya, jutaan keluarga penerima manfaat tersebut tercatat sebagai penerima bantuan sembako dalam data milik Kementerian Sosial (Kemensos).


"Masyarakat akan menerima uang Rp 200.000 dalam dua bulan, yakni pada November dan Desember 2023, sehingga total uang yang diterima masyarakat adalah Rp 400.000," tutur Sri Mulyani.


Selain BLT El Nino 2023, pemerintah juga menyiapkan kebijakan ekonomi lainnya. Pemerintah memperpanjang bantuan sosial berupa beras 10 kg per KPM kepada 21,3 juta keluarga. Juga menyiapkan insentif properti, yakni memberikan insentif PPN DTP untuk pembelian rumah di bawah Rp 2 miliar.



Insentif ini akan diberikan dalam bentuk pajak pertambahan nilai (PPN) ditanggung pemerintah (DTP) serta pemberian bantuan administratif bagi perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) senilai Rp 4 juta.


Bansos lain November 2023


Kompas.com juga memberitakan pemerintah juga akan melanjutkan bantuan pangan cadangan besar pemerintah (CBP) kepada keluarga penerima manfaat. Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap, keluarga penerima manfaat akan menerima bantuan ini sebanyak tiga kali hingga November 2023.


"Ini pembagian bantuan pangan berupa beras bulan September, Oktober, November saya cek ada yang sudah menerima sekali, ada yang sudah dua kali. Saya kira nanti November semuanya insyaallah akan selesai tiga kali," kata Presiden.


Tak berhenti hingga November, menurut Jokowi, pemerintah telah memutuskan untuk menambah bantuan pangan CBP hingga Desember mendatang.


Sebelumya, Direktur Distribusi dan Cadangan Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas) Rachmi Widiriani mengatakan, bantuan cadangan pangan beras ditujukan untuk keluarga miskin. "Kalau beras untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat di 38 provinsi, ini keluarga miskin datanya dari Kemensos," terang Rachmi, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (2/9/2023).


Bansos lain yang akan cair November 2023 adalah PKH tahap 4 pada Oktober hingga Desember 2023. Artinya, penerima keluarga manfaat yang belum menerima PKH kemungkinan akan cair pada bulan ini.


Dilansir dari Indonesia.go.id, besaran bantuan PKH yang diperoleh berbeda-beda, tergantung komponen untuk setiap jiwa yang tinggal dalam keluarga penerima manfaat. Kemensos sendiri telah menetapkan tujuh kategori atau golongan yang berhak menerima bantuan PKH, meliputi:


Nilai bansos PKH untuk Balita usia 0-6 tahun: Rp 3 juta per tahun atau Rp 750.000 setiap tahap.

Nilai bansos PKH untuk Ibu hamil dan masa nifas: Rp 3 jura per tahun atau Rp 750.000 per tahap.

Nilai bansos PKH untuk Siswa Sekolah Dasar (SD): Rp 900.000 per tahun atau Rp 225.000 per tahap.

Nilai bansos PKH untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP): Rp 1,5 juta per tahun atau Rp 375.000 per tahap.

Nilai bansos PKH untuk Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA): Rp 2 juta per tahun atau Rp 500.000 per tahap.

Nilai bansos PKH untuk Lansia berusia 70 tahun ke atas: Rp 2.400.000 per tahun atau Rp 600.000 setiap tahap.

Nilai bansos PKH untuk Penyandang disabilitas berat: Rp 2.400.000 per tahun atau Rp 600.000 per tahap.

Bansos selanjutnya yang akan cair pada November 2023 adalah BPNT atau program Kartu Sembako. Selain PKH tahap 4, pemerintah juga menyalurkan bansos reguler BPNT untuk kurun waktu Oktober hingga Desember 2023.


Nantinya, penerima akan memperoleh bantuan sembako berupa uang tunai senilai Rp 200.000 per bulan. Namun biasanya, Kemensos melalui Dinas Sosial masing-masing daerah langsung menggelontorkan bantuan untuk tiga bulan. Dengan demikian, setiap penerima dapat mengantongi uang sebesar Rp 600.000 untuk tiga bulan sekaligus.


Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) tahap 3 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga akan cair pada November 2023. Merujuk Peraturan Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ristek Nomor 14 Tahun 2022, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (12/8/2023), bantuan PIP disalurkan dalam tiga tahap, yakni:


Tahap 1: Februari-April


Tahap 2: Mei-September


Tahap 3: Oktober-Desember.


PIP adalah bantuan dukungan pendidikan kepada anak-anak dari keluarga kurang mampu agar mendapatkan akses pendidikan berkualitas. Program ini mencakup bantuan uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar, sebagai langkah untuk mengatasi masalah putus sekolah.


Sementara itu, bantuan uang tunai PIP bervariasi berdasarkan jenjang pendidikan, dengan perincian:


Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa SD/SDLB/Paket A: Rp 450.000 per tahun.

Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa baru dan kelas akhir: Rp 225.000.

Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa SMP/SMPLB/Paket B: Rp 750.000 per tahun.

Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa baru dan kelas akhir: Rp 375.000.

Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C: Rp 1 juta per tahun.

Nilai bantuan uang tunai PIP untuk Siswa baru dan kelas akhir: Rp 1,5 juta.

Berikut cara cek penerima bantuan PIP Kemendikbud Ristek:


Kunjungi laman SIPINTAR melalui tautan pip.kemdikbud.go.id.

Masuk dengan mengetikkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom "Cari Penerima PIP".

Isi hasil perhitungan keamanan yang muncul dan klik tombol "Cari Penerima PIP".

Halaman situs akan menampilkan data siswa penerima PIP dari Kemendikbud Ristek.

Cara cek penerima BLT El Nino 2023


Berikut cara cek BLT El Nino yang mulai cair pada November 2023 dilansir dari Kompas.com:


1. Cara cek BLT El Nino 2023 via cekbansos.kemensos.go.id


Masyarakat dapat mengecek bantuan fenomena El Nino ini melalui laman resmi Kemensos dengan cara berikut:


Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.

Masukkan nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan.

Masukkan nama PM (Penerima Manfaat) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Ketik empat huruf kode (tidak dipisah spasi) sesuai yang tertera dalam kotak kode.

Jika kode huruf kurang jelas, klik "refresh" untuk mendapatkan kode baru.

Kemudian, klik "cari data".

Selanjutnya, halaman situs Kemensos akan menampilkan nama penerima manfaat sesuai wilayah atau daerah yang dimasukkan. Masyarakat termasuk golongan penerima BLT El Nino jika kolom BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau bantuan sembako berstatus "Ya".


2. Cara cek BLT El Nino 2023 via aplikasi


Masyarakat juga dapat memastikan namanya tercantum sebagai penerima BLT El Nino 2023 melalui "Aplikasi Cek Bansos". Berikut cara cek BLT El Nino 2023 di Aplikasi Cek Bansos:


Unduh aplikasi "Aplikasi Cek Bansos" resmi buatan Kementerian Sosial Republik Indonesia.

Pilih "Buat Akun Baru" dan isi kolom yang tersedia, seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor induk kependudukan (NIK), dan alamat sesuai KTP.

Lampirkan swafoto bersama KTP serta foto KTP, kemudian klik "Buat Akun Baru".

Setelah berhasil, data akan diverifikasi oleh Kemensos.

Setelah data terverifikasi, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.

Kemudian, login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.

Pilih menu "Cek Bansos" dan lengkapi data sesuai KTP.

Selanjutnya, klik "Cari Data".

Sistem akan menunjukkan data penerima manfaat bansos, termasuk penerima bantuan sembako, beserta statusnya.

Itulah info bantuan BLT El Nino dan bansos lain yang akan cair mulai November 2023 beserta cara cek penerima melalui Cekbansos.kemensos.go.id dan Aplikasi Cek Bansos.

Comments


EmoticonEmoticon