BANSOS SUDAH CAIR! Cek BLT Siswa SD, SMP, SMA di cekbansos.kemensos.go.id, Ada Nama Kamu atau Tidak?

NKRIku.com – Salah satu jenis bantuan sosial (bansos) yang disalurkan pemerintah cair hari ini, 22 Oktober 2021 adalah BLT untuk anak sekolah siswa SD, SMP, SMA.

Para wali siswa bisa cek bansos apakah anak termasuk penerima BLT yang dinamakan Program Keluarga Harapan (PKH) melalui situs cekbansos.kemensos.go.id dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Adapun nilai BLT untuk anak sekolah yang diberikan kepada siswa SD akan mendapat Rp 900 ribu, SMP dengan nilai bansos Rp 1,5 juta, dan untuk siswa SMA dengan bantuan Rp 2 juta.

BLT anak sekolah ini diberikan dalam 4 kali pencairan dalam setahun. Oktober 2021 ini bansos PKH cair. Sebelumnya, telah disalurkan pada Januari, April, dan Juli.

Adapun penyaluran BLT PKH ini hanya melalui 4 bank Himbara, yakni Bank Rakyat Indonesia(BRI), PT Bank Negara Indonesia (BNI), PT Bank Mandiri, dan PT Bank Tabungan Negara (BTN).

Untuk mengecek siswa terdaftar sebagai penerima BLT anak sekolah, mereka harus memastikan sebagai calon penerima memiliki Kartu Indoensia Pintar (KIP) dan terdaftar dalam Program Keluarga Harapan (PKH).

Setelah dipastikan telah terdaftar, calon penerima bantuan bisa langsung mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id atau aplikasi Cek Bansos.

Adapun syarat penerima BLT anak sekolah ini antara lain:

  1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar atau KIP,
  2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal atau non formal,
  3. Pemilik KIP harus terdaftar di Data Pokok Pendidikan atau Dapodik,
  4. Bagi keluarga yang tidak memiliki KIP, dilakukan dengan pendaftaran ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera, dan
  5. Bagi siswa yang tidak memiliki KKS, orang tua dapat meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM dari RT RW hingga kelurahan.

Cara cek BLT untuk anak sekolah melalui cekbansos.kemensos.go.id cukup mudah. Calon penerima akan mengisi data diri seperti nama yang sesuai dengan KTP, data tempat tinggal seperti nama desa, kecamatan, kabupaten, dan provinsi.

Setelah itu, situs dari Kemensos tersebut akan meminta pengguna laman untuk memasukkan 8 kode huruf captcha. Setelah itu tinggal klik tombol cari data.

Demikian cara cek penerima BLT untuk anak sekolah di cekbansos.kemensos.go.id dan aplikasi Cek Bansos dari Kemensos.***

Comments


EmoticonEmoticon