INFO TERBARU! Hanya 8 Orang Ini Yang Dapat Dana BLT UMKM Rp 1,2 Juta Cair di BRI Bulan Ini, Simak Infonya

NKRIku.com, Nasional – BLT UMKM Rp 1,2 juta cair di BRI bulan ini buat delapan tipe orang. Proses pencairan BPUM di bank BUMN tersebut memang masih berlangsung hingga akhir tahun.

Meski, Kemenkop UKM memang tidak membuka kuota baru untuk penerima BLT UMKM. Adapun, orang yang bisa mencairkan dana bantuan adalah UMKM yang telah ditetapkan sebagai penerima.

Pada penyaluran BPUM tahap 2 tahun 2021, pemerintah menetapkan 3 juta orang sebagai penerima BLT UMKM Rp 1,2 juta. Pemberian bantuan dilakukan melalui BRI dan BNI.

Untuk pencairan di BRI, Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto menjelaskan waktunya diperpanjang sampai Desember 2021. Hal tersebut sesuai dengan instruksi dari Kemenkop UKM.

“Pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) melalui BRI diperpanjang hingga 5 (lima) bulan sejak dana bantuan masuk ke rekening penerima bantuan atau maksimal Desember 2021,” kata Aestika yang dikutip dari situs resmi BRI, bri.co.id.

Tapi, siapa saja orang yang bisa dan berhak mencairkan dana BLT UMKM Rp 1,2 juta di BRI bulan ini? Cek daftar delapan tipe orang yang bisa mendapatkan BPUM berikut:

  1. Warga negara Indonesia atau WNI yang dibuktikan dengan KTP.
  2. Pemilik usaha mikro dengan surat usulan calon penerima dari pengusul BLT UMKM.
  3. Orang yang memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) atau Surat Keterangan Usaha (SKU).
  4. Yang tidak sedang mendapatkan fasilitas kredit usaha rakyat atau KUR dari bank.
  5. Orang yang belum pernah menerima BPUM pada penyaluran sebelumnya.
  6. Mendapatkan SMS resmi terkait penerima BLT UMKM. Contohnya seperti berikut:

“Nasabah Yth. Anda terdaftar sebagai penerima Banpres Produktif (BPUM). Untuk verifikasi dan pencairan silakan menghubungi kantor BRI terdekat dengan membawa e-ktp”

  1. Terdaftar di Eform BRI. Link dan cara pengecekannya adalah:

Buka link eform.bri.co.id/bpum.
Isi NIK KTP pada kolom yang tersedia.
Isi kode verifikasi dengan yang tercamtum pada laman di kolom yang tersedia.
Klik “Proses Inquiry”.
Lalu, akan muncul keterangan mendapat BLT UMKM atau tidak.

  1. Tidak terdaftar sebagai penerima BLT UMKM yang disalurkan melalui BNI.

Namun, ada beberapa orang yang dipastikan tidak bisa mencairkan BLT UMKM Rp 1,2 juta bulan ini. Mereka adalah PNS atau PPPK (ASN), aggota Polri atau prajurit TNI, hingga pegawai BUMN atau BUMD.

Demikian informasi terkait BLT UMKM Rp 1,2 juta yang cair di BRI bulan ini. Ada delapan tipe orang yang bisa mencairkan bantuan.***

Comments


EmoticonEmoticon