MAU DAPAT BANSOS? Ikuti Cara Daftar DTKS Kemensos: Dapatkan Sembako BPNT dan Bantuan Lainnya lewat HP Doang

NKRIku.com, Nasional – Masyarakat yang ingin mendapatkan bantuan sosial atau bansos dapat terlebih dahulu mendaftarkan dirinya dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang dikelola Kemensos.

Dilansir dari akun instagram @kemensosri, DTKS adalah Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang meliputi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS), Penerima Bantuan dan Pemberdayaan Sosial serta Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS).

Data yang ada dalam DTKS memuat 40 persen penduduk yang mempunyai status kesejahteraan sosial rendah. Meski demikian, masyarakat yang sudah masuk dalam data DTKS tidak secara otomatis mendapatkan bansos dari Kemensos.

Hal ini dikarenakan setiap program bansos memiliki syarat dan mekanisme masing-masing yang ditentukan oleh penyelenggara program sesuai dengan variabel yang sibutuhkan serta jumlah kuota yang tersedia.

Masyarakat yang sudah terdaftar di DTKS, maka pada kesempatan penyaluran bansos akan diusulkan untuk mendapat program bansos dan pemberdayaan pemerintah pusat maupun daerah.

Bansos sembako BPNT merupakan salah satu bansos yang disalurkan oleh Kemensos sampai akhir tahun 2021 ini. Bantuan ini cair dengan nominal Rp200 ribu per bulan bagi masyarakat yang terdaftar sebagai penerima di aplikasi Cek Bansos maupun cekbansos.kemensos.go.id.

Cara untuk mendaftarkan bansos sembako BPNT sebagaimana dijelaskan sebelumnya, masyarakat perlu mendaftarkan diri dalam DTKS Kemensos untuk kemudian diusulkan sebagai penerima bansos sembako BPNT.

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara untuk daftar DTKS agar bisa dapat bansos sembako BPNT di aplikasi Cek Bansos:

  1. Download aplikasi Cek Bansos
  2. Buat akun baru atau user ID
  3. Login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos
  4. Masuk menu Tanggapan Kelayakan
  5. Pilih menu Usul
  6. Lengkapi data pengusul untuk mendapatkan bansos yang disalurkan Kemensos

Masyarakat dapat mengikuti langkah atau cara di atas ini agar namanya terdaftar dalam data DTKS untuk diusulkan Kemensos sebagai penerima program bansos mulai dari bansos sembako BPNT yang masih disalurkan, PKH, dan BST.

Itulah cara untuk daftar data DTKS Kemensos agar bisa dapat bansos sembako BPNT Rp200 ribu yang disalurkan sampai bulan Desember 2021 di menu Usul aplikasi Cek Bansos.***

Comments


EmoticonEmoticon