MODAL HP DOANG Anak Sekolah Bisa Dapat Bantuan Rp4,4 Juta Dari Pemerintah, Simak Cara dan Syaratnya

NKRIku.com, Nasional – Kemensos akan memberikan bantuan langsung tunai (BLT) anak sekolah Oktober 2021 ini melalui Program Keluarga Harapan (PKH).

Bansos BLT anak sekolah ini termasuk ke dalam Program Keluarga Harapan atau PKH dengan total bantuan sebesar Rp4,4 juta.

Jika ingin mendapatkan BLT anak sekolah, harus sudah memenuhi syarat sebagai penerima dan mengikuti cara daftar secara online berikut ini.

Tersedia informasi mengenai syarat untuk jadi penerima bantuan BLT anak sekolah dalam artikel ini yang dapat diperhatikan.

Ketika sudah memenuhi syarat sebagai penerima BLT anak sekolah, dapat langsung daftar secara online melalui aplikasi Cek Bansos di HP.

Pendaftaran BLT anak sekolah secara online dengan aplikasi Cek Bansos di HP ini memudahkan masyarakat untuk mendaftar sebagai KPM penerima bansos PKH.

Bansos BLT anak sekolah akan disalurkan kepada siswa SD, SMP, dan SMA pada Oktober 2021 ini. Penyaluran bansos BLT anak sekolah sudah mencapai tahap keempat.

Adapun besaran bansos BLT anak sekolah ini berbeda-beda untuk setiap jenjang pendidikan, yang apabila ditotal akan mencapai Rp4,4 juta.

Besaran bansos BLT anak sekolah

Berikut ini besaran dana bansos BLT anak sekolah dari program PKH antara lain:

  1. Anak usia sekolah SD menerima bantuan Rp900 ribu per tahun atau Rp75.000 per bulan dengan syarat maksimal satu anak dalam satu keluarga KPM PKH.
  2. Anak usia sekolah SMP menerima bantuan Rp1,5 juta per tahun atau Rp125.000 per bulan dengan syarat maksimal satu anak dalam satu keluarga KPM PKH.
  3. Anak usia sekolah SMA menerima bantuan Rp2 juta per tahun atau Rp166.000 per bulan dengan syarat maksimal satu anak dalam satu keluarga KPM PKH.

Sebelum mendaftar, pelajar harus memenuhi beberapa syarat agar dapat memperoleh bantuan BLT anak sekolah ini.

Syarat untuk jadi penerima BLT anak sekolah

Dikutip Media Magelang dari unggahan akun Instagram Indonesia Baik @indonesiabaik.id pada Kamis, 12 Agustus 2021 lalu, berikut syarat untuk jadi penerima BLT anak sekolah:

  1. Memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP).
  2. Terdaftar di lembaga pendidikan formal maupun non-formal.
  3. Pemilik KIP harus sudah terdaftar di Data Pokok Pendidik (Dapodik).
  4. Jika tidak punya KIP, bisa mendaftar ke lembaga dinas pendidikan terdekat dengan membawa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).
  5. Jika tidak punya KKS, bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari RT/RW hingga kelurahan.

Bantuan BLT anak sekolah ini diberikan kepada keluarga miskin yang memenuhi syarat sebagi KPM dan memiliki anak sekolah.

Jadwal penyaluran BLT anak sekolah akan diberikan bersama waktu pencairan PKH Kemensos yaitu setiap 3 bulan sekali, dimulai Januari, April, Juli dan Oktober.

BLT anak sekolah dari program PKH nantinya bisa melalui Bank Himbara seperti Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BTN.

Jika belum terdaftar di DTKS Kemensos bisa melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Cek Bansos di HP masing-masing untuk memperoleh BLT anak sekolah dari program PKH.

Pendaftaran Bansos PKH ke DTKS Kemensos Secara Online

Adapun cara usul BLT anak sekolah dari program PKH secara online dapat dilakukan dengan cara berikut ini.

  1. Download aplikasi Cek Bansos di Google Play Store.
  2. Siapkan NIK dan KTP.
  3. Pilih menu Daftar Usulan untuk mendaftarkan diri, keluarga atau masyarakat yang sudah terdata di DTKS Kemensos untuk mendapat bansos PKH, BST, dan BPNT.
  4. Lalu pilih tambah usulan.
  5. Sistem akan mencocokkan nama, NIK, KK, status kesesuaian Dukcapil dan kesesuaian pengusul sesuai data DTKS Kemensos.
  6. Selanjutnya, tinggal pilih jenis bansos Kemensos, PKH.
  7. Masyarakat yang mendapat bansos PKH namanya akan terlihat di laman cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi Cek Bansos.

Gunakan menu Cek Bansos pada aplikasi Cek Bansos untuk mencari daftar penerima BST Kemensos seperti BST, PKH, BPNT dan lainnya dengan menginput nama dan wilayah sesuai tempat tinggal.

Cara cek daftar penerima bansos BLT anak sekolah dari program PKH di laman Kemensos

  1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih nama Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa berdasarkan KTP
  3. Masukkan nama lengkap sesuai KTP
  4. Masukkan kode verifikasi yang tertera dengan benar
  5. Klik ‘Cari Data’
  6. Akan terlihat apakah termasuk sebagai penerima bansos Kemensos atau bukan.
  7. Kemudian, Anda akan mengetahui informasi terkait dengan daftar penerima BLT anak sekolah dari program PKH, meliputi identitas, alamat hingga status bantuan.

Apabila sudah memenuhi syarat jadi penerima BLT anak sekolah Rp4,4 juta, segera daftar DTKS Kemensos secara online cukup dengan HP masing-masing.***

Comments


EmoticonEmoticon