AKHIRNYA CAIR JUGA! BLT Subsidi Gaji Cair Untuk Pekerja se-Indonesia Bulan Ini, Cek Status Penerima BSU di Sini

NKRIku.com – Cek status penerima BLT subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) Rp1 juta. Pada bulan ini, pemerintah menargetkan mencairkan BLT subsidi gaji Rp1 juta untuk 1,6 juta pekerja.

“Saat ini kita sedang menyelesaikan perubahan regulasi. Kita harapkan bulan November sudah disalurkan,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi kepada Okezone, Jakarta.

Anwar menjelaskan, perubahan regulasi pencairan BLT subsidi gaji ini mengenai perluasan wilayah. “Terutama terkait dengan perluasan wilayah yang terdampak pandemi covid-19 level 3 dan 4,” katanya.

Pencairan BLT subsidi gaji ini merupakan perluasan penerima BSU Rp1 juta.

Semula, hanya pekerja/buruh yang bekerja di wilayah PPKM level 3 atau 4 yang dapat menerima bantuan ini. Namun, syarat itu diubah menjadi nasional. Bantuan ini rencananya akan menyasar 1,6 pekerja/buruh di 514 kabupaten/kota di 34 provinsi di Indonesia.

Para penerima BLT subsidi gaji bisa mengecek status BLT subsidi gaji. Ada berbagai cara untuk cek penerima BLT subsidi gaji

Pertama melalui bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

  • Buka laman bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id;
  • Siapkan KTP: masukkan NIK, nama lengkap, dan tanggal lahir;

Jika dinyatakan lolos verifikasi, maka akan muncul keterangan berikut ini:

“Anda lolos verfikasi dan validasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk verifikasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Proses verfikasi dan validasi dilakukan sesuai dengan Permenaker Nomor 16 tahun 2021.”

Bila masih dalam tahapan verifikasi, maka pada laman akan muncul keterangan berikut ini:

“Data Anda sedang dalam proses verifikasi sesuai kriteria Permenaker Nomor 16 tahun 2021.”

Pastikan data yang diisi sesuai dengan data yang dilaporkan kepada BPJAMSOSTEK.

Kedua melalui website Kemnaker

  • Kunjungi website kemnaker.go.id;
  • Daftar Akun;
  • Kemudian login ke akun Anda;
  • Lengkapi Profil biodata diri Anda berupa foto profil, tentang Anda, status pernikahan, dan tipe lokasi.;
  • Cek Pemberitahuan.

Setelah itu, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Jika terdaftar, Anda akan mendapatkan notifikasi sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

Sementara jika tidak terdaftar, Anda akan mendapatkan notifikasi tidak terdaftar jika tidak memenuhi syarat atau data belum masuk ke tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan kepada Kementerian Ketenagakerjaan.(***)

Artikel ini telah tayang di https://economy.okezone.com/
dengan judul “Akhirnya! BLT Subsidi Gaji Cair untuk Pekerja se-Indonesia Bulan Ini, Cek Status Penerima BSU di Sini : Okezone Economy”,
Klik untuk baca: https://economy.okezone.com/read/2021/11/01/320/2494896/akhirnya-blt-subsidi-gaji-cair-untuk-pekerja-se-indonesia-bulan-ini-cek-status-penerima-bsu-di-sini.

Comments


EmoticonEmoticon