INFO PENTING! Dana Insentif Prakerja Rp600ribu Belum Cair Ke Rekening Atau E-Wallet? Ini 3 Penyebab Utama Gagal Cair

NKRIku.com – Kartu Prakerja gelombang 22 resmi ditutup pada Rbu, 27 Oktober 2021 lalu. Kini pendaftar Prakerja tengah menunggu pengumuman lolos seleksi.

Meskipun tanggal pengumuman hasil seleksi Prakerja gelombang 22 belum diketahui, namun pendaftar dapat memantau dashboard akun Prakerja.go.id secara berkala.

Setelah dinyatakan lolos Prakerja gelombang 22, maka peserta akan mendapatkan insentif total sebanyak Rp3,55 juta.

Salah satu insentif yang didapat ialah insentif mencari kerja yakni Rp600.000 per bulan selama 4 bulan.

Insentif tersebut akan ditransfer melalui rekening atau e-wallet yang telah didaftarkan peserta Prakerja di akunnya masing-masing.

Apabila pekerja menemukan kendala dalam proses pencairan insentif Prakerja ke rekening/e-wallet, simak penyebab dan solusinya di bawah ini.

Ada 3 (tiga) penyebab dana insentif Kartu Prakerja belum cair atau tidak masuk ke e-wallet. Berikut penjelasan lengkap dengan cara mengatasinya.

Peserta penerima Prakerja diminta teliti dan berhati-hati ketika menjalani proses pembelian, mengikuti pelatihan, hingga menyelesaikan pelatihan.

3 Penyebab Dana Insentif Kartu Prakerja Belum atau Tidak Cair, yakni:

  1. Penyebab pertama, biasanya karena akun Kartu Prakerja belum terhubung dengan rekening atau e-wallet.

Solusi dan cara mengatasinya:

Anda perlu menghubungkan akun Kartu Prakerja dengan rekening atau e-wallet yang tersedia, di antaranya BNI, GoPay, LinkAja, OVO, dan DANA.

  1. Penyebab kedua kenapa dana insentif Kartu Prakerja belum cair bisa jadi karena saat Anda menghubungkan e-Wallet ke akun Kartu Prakerja, ternyata akun e-wallet belum diperbarui atau upgrade.

Solusi dan cara mengatasinya:

Sebaiknya, pastikan terlebih dahulu akun e-wallet Anda telah diperbarui ke versi terbaru. Jika tidak, dana insentif Kartu Prakerja bisa gagal masuk ke rekening e-wallet yang Anda gunakan.

  1. Pastikan sertifikat pelatihan benar-benar telah muncul di dasbor Kartu Prakerja dan pada program pelatihan terdapat tulisan “sukses”.

Peserta yang dinyatakan lolos berhak mendapat dana insentif Kartu Prakerja sebesar Rp600.000 per bulan dan akan diberikan selama empat bulan.

Tahapan yang harus dilakukan agar dana insentif Kartu Prakerja cepat cair ke rekening atau e-wallet:

  • Buka dashboard Prakerja Anda
  • Hubungkan akun dengan rekening atau e-wallet
  • Catat nomor Kartu Prakerja Anda yang ada di dashboard. Jaga kerahasiaan nomor Kartu Prakerja dari pihak manapun.
  • Kemudian, Anda perlu membeli kelas pelatihan di Mitra Pelatihan dengan biaya yang tersedia di dashboard
  • Ketika proses pembelian pelatihan, masukan nomor Kartu Prakerja untuk membayar kelas pelatihan
  • Setelah melakukan pembelian dengan biaya pelatihan Anda, selanjutnya Anda perlu mengikuti pelatihan dan mendapat sertifikat
  • Setelah menyelesaikan pelatihan, jangan lupa berikan ulasan dan rating pada kelas pelatihan maupun Mitra Pelatihan (Tokopedia, BukaLapak, dan lain-lain)
  • Sertifikat Anda akan tercantum di dashboard Prakerja
  • Setelah itu, insentif akan disalurkan bertahap ke rekening atau e-wallet yang tadi sudah dihubungkan

Setelah melakukan semua langkah di atas, Anda akan mendapat pemberitahuan terkait jadwal penyaluran dana insentif Kartu Prakerja gelombang 22 di dasbor Anda.(***)

Comments


EmoticonEmoticon