CEK SEGERA! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 23 Siap Dibuka, Ini 6 Tips Lolos Seleksi Prakerja

NKRIku.com – Pendaftaran seleksi program Kartu Prakerja gelombang 23 akan segera dibuka pada Januari 2022 mendatang.

Pendaftar yang sempat gagal dan tak lolos seleksi gelombang sebelumnya tak perlu khawatir. Berikut enam tips lolos seleksi Kartu Prakerja.

Setelah resmi mengakhiri 2021 dengan gelombang 22 yang dibuka Oktober lalu, program Kartu Prakerja akan kembali membuka gelombang 23 pada bulan Januari 2022 mendatang.

Hingga saat ini, belum ada bocoran tanggal pasti pembukaan pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23.

Namun yang menjadi pasti adalah antusias pendaftar Kartu Prakerja yang akan membludak dan tak kalah ramai dari gelombang-gelombang sebelumnya.

Adapun calon peserta yang hendak mendaftar Kartu Prakerja harus memiliki akun Kartu Prakerja terlebih dahulu untuk bisa mengikuti seleksi gelombang 23 yang akan segera dibuka.

Namun tombol pendaftaran di website prakerja.go.id sementara dinonaktifkan dan baru bisa kembali diakses mulai 6 Januari 2022 atau menjelang pembukaan gelombang 23.

Mengulas pada tahun 2021, program Kartu Prakerja sendiri telah membuka total 11 gelombang, yaitu gelombang 11-22 yang menyasar ke 5,9 juta penerima dengan anggaran Rp13,6 triliun.

Bagi peserta yang gagal lolos tetap boleh gabung ke gelombang yang sedang dibuka, sehingga bisa mengikuti seleksi kembali tanpa harus mendaftar akun dari awal dan mengisi tes online yang tersedia di website

Namun, perlu diketahui pula jika pendaftar program Kartu Prakerja ini dibatasi jumlahnya pada setiap gelombang.

Oleh karena itu, berikut tips lolos Kartu Prakerja gelombang 23 yang akan segera dibuka.

  1. Memenuhi kriteria

Sebelum melakukan pendaftaran di dashboard prakerja.go.id, pendaftar lebih dulu perlu memahami dan memastikan dirinya memenuhi kriteria penerima Kartu Prakerja seperti berikut ini:

  • WNI berusia di atas 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, buruh yang terkena PHK, pegawai yang ingin meningkatkan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan atau bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa/Perangkat Desa, Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas BUMN/BUMD
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi penerima Kartu Prakerja
  1. Mendaftar akun Kartu Prakerja

Penerima program ini pastinya adalah pemilik akun Kartu Prakerja atau di website prakerja.go.id (klik link DI SINI). Namun untuk saat ini tombol pendaftaran tidak bisa diakses karena dinonaktifkan untuk sementara.

  1. Mengisi data diri dengan benar

Jika nantinya bisa mendaftar akun, calon peserta diminta untuk mengisi sejumlah informasi data diri sesuai KTP dan KK. Pastikan data diri diisi dengan benar di kolom yang diminta pada dashbiard akun.

  1. Mengunggah swafoto KTP sesuai ketentuan

Selain itu, pemilik akun diminta untuk mengunggah foto KTP dengan benar dan sesuai ketentuan, seperti foto harus jelas dan menunjukkan seluruh bagian kartu, tidak boleh buram, disarankan untuk mengambil di tempat yang terang dan jangan gunakan flash kamera.

  1. Klik “gabung” jika ada gelombang 23 dibuka

Pantau secara berkala akun Instagram @prakerja.go.id dan portal BERITA DIY untuk mengetahui pengumuman Kartu Prakerja gelombang 23 dibuka. Jika telah ada pembukaan, peserta diminta untuk login akun kembali dan klik “Gabung” pada dashboard Kartu Prakerja.

  1. Ikuti tes online dengan maksimal

Tes online merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh calon peserta. Jika tak ada perubahan, bocoran soal mengenai Tes Kemampuan Dasar dan Tes Motivasi Diri. Seluruh butir soal merupakan pilihan ganda.

Perlu diketahui jika pemilik akun hanya punya waktu 25 menit untuk menyelesaikan tes. Siapkan tempat yang hening beserta kertas coret-coretan jika perlu agar bisa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal.

Dengan begitu pemilik akun secara resmi terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja gelombang 23 yang mengikuti seleksi. Pengumuman kelolosan biasanya hanya perlu menunggu beberapa hari.

Menyinggung tentang program Kartu Prakerja, melansir dari ANTARA NEWS, pada 2022 pemerintah telah menyiapkan anggaran dana sebesar Rp11 triliun untuk program Kartu Prakerja yang dimulai dengan pembukaan gelombang 23.

Demikian informasi seputar Kartu Prakerja gelombang 23 yang akan dibuka Januari 2022 lengkap dengan enam tips lolos seleksi Kartu Prakerja.***

Comments


EmoticonEmoticon