BIKIN NANGIS! Kisah Ade Supriadi Hidup Sebatang Kara, Hidupi Diri Dengan Jualan Jualan Kayu Bakar

NKRIku.com – Kisah menyentuh Ade Supriadi, seorang pria yang hidup sebatang kara menjadi viral Twitter, Kamis (6/1/2022). Informasi ini datang dari akun @syfluff.

Ade bisa hidup dengan bermodalkan barter kayu bakar untuk bisa dapat sembako atau kebutuhan lainnya. Apa yang terjadi pada hidup Ade Supriadi pun membuat netizen terenyuh.

Dari informasi yang disampaikan Syafa, pemilik akun, ayah Ade meninggal dunia pada 2015, sedangkan ibu Ade sudah tidak ada kabar selama 15 tahun lamanya. Ade tinggal di rumah berdinding anyaman seorang diri.

“Ade sebetulnya punya saudara. Mereka empat bersaudara, Ade anak kedua. Kakak pertama sudah menikah tapi beda kampung, adik kedua juga sudah menikah dan dibawa suaminya tinggal di luar desa. Adik ketiga meninggal sewaktu bayi,” kata Syafa.

Jika melihat kondisi rumah Ade, tidak bisa terbayangkan bagaimana seorang pria sebatang kara hidup di rumah sederhana. Tak ada barang mewah yang ter-capture di video Syafa, yang ada hanya kesederhanaan.

Bahkan, video Syafa pun memperlihatkan kamar mandi Ade yang hanya ditutupi sehelai kain dan berada di luar rumah. Benar-benar kondisi kehidupan yang kurang layak.

Dari informasi yang disampaikan Syafa, Ade ternyata memiliki ibu tiri, waktu kecil Ade suka diasuh oleh ibu tiri tersebut. Tapi, si ibu kemudian pindah ke Jakarta.

“Alhamdulillah saat ini Ade sudah tinggal bersama ibu tirinya yang usianya sudah 80 tahunan. Alhamdulillah, Ade masih bisa merasakan kehangatan dari sosok ibu,” katanya.

Dijelaskan juga, selain mencari kayu bakar, keseharian Ade di Desa Sirnajaya, Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat, adalah mencari rumput untuk dijual ke peternak.

“Ade kerja serabutan, misal Ade kerja membersihkan ubi di tempat pengepul. Kalau ada yang perlu tenaga Ade, ia siap bekerja. Kadang-kadang suka kerja ke kota,” ucap Syafa.

Baca Juga : Viral! Wali Kota Bekasi Kena OTT, Harta Kekayaannya Lebih dari Rp6 Miliar
Tetangga Ade pun dikabarkan suka membantu Ade. Bantuan datang bisa dalam bentuk makanan, sembako, dan beberapa bantuan lainnya.

Donasi digital pun disediakan Syafa untuk mempermudah kehidupan Ade. Dari penelusuran MNC Portal, donasi untuk Ade Supriadi sudah mencapai Rp10,7 jutaan. Penggalang dana atas nama Siti Rusidah S Rifa’i.

Cerita hidup Ade Supriadi di Twitter ini mendapat respons luar biasa dari netizen. Belum ada 24 jam kisah tersebar di media sosial, sudah 13,8 ribu lebih netizen menyukai cerita ini dan 6,6 ribuan netizen membagikan ulang.

Beberapa netizen berharap kehidupan Ade semakin membaik di kemudian hari. Ada juga netizen yang berharap Ade Supriadi tidak dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

“Tolong jaga Ade soalnya jangan sampai dia dimanfaatkan oleh orang yang mau memperbudaknya karena mukanya yang ganteng. Misal, kamu saya kasih uang yang banyak dan saya renov rumahmu asalkan kamu mau melayani seksual saya. Jangan sampai ada orang yang seperti itu ke Ade,” tulis @Ar_d**.

“Mana cakep lagi dia. Harus ada yang bantu takutnya malah diincar sama tante-tante atau om-om predator. Bahaya. Harus ada yang bantu menjaga dan mendampingi dia,” tulis @gogoda***.

“Halo kak. Mungkin boleh coba jika ada pendaftaran TNI atau Polri ikut tes siapa tau rezeki. Dilihat dari perawakannya bisa dan tinggal latih fisik dan mental. Saya bantu doa ikhtiar ikhlas dan sabar, ya, Ade. Salam buat Ade, kak,” tulis @Devanda***.

Comments


EmoticonEmoticon