PENTING! Penyaluran BPNT 2022 Lewat Bank Apa Saja? Ini Syarat Penerima Bansos Sembako Cair dengan Ciri KTP Ini

NKRIku.com – Simak informasi penyaluran BPNT 2022 lewat bank apa saja, simak syarat penerima bansos sembako yang cair dengan ciri KTP seperti ini.

Penyaluran bansos BPNT2022 akan diberikan pemerintah 12 kali dalam satu tahun, atau akan diberikan setiap bulannya di Kartu Sembako.

Setiap bulan masyarakat yang memenuhi syarat mendapatkan BPNT bansos sembako ialah keluarga penerima manfaat harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos.

Bantuan BPNT yang di salurkan setiap buan sebanyak Rp200 ribu bisa ditukarkan dengan membeli sembako di E-Warong atau tempat yang sudah bekerja sama dengan bank penyalur.

Namun perlu diingat bahwa bansos sembako BPNT tidak dapat ditukar dengan uang, karena bantuan ini khusus untuk membeli bahan pokok saja.

Sementara syarat apa saja yang diberikan pemerintah untuk masyarakat yang bisa menerima BPNT bansos sembako, bisa disimak seperti di bawah ini.

Tentu pemerintah mematok bahwa syarat penerima BPNT ialah mereka warga miskin atau rentan miskin yang perlu dibantu untuk lebih sejahtera.

Berikut merupakan ciri KTP atau syarat penerima BPNT atau bansos sembako 2022 :

  • Masyarakat keluarga tergolong miskin atau rentan miskin.
  • Masyarakat yang saat ini terdampak pandemi Covid-19 atau mereka yang kehilangan pekerjaan karena pemutusan hubungan kerja (PHK).
  • Bukan diberikan kepada anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.

Selain syarat di atas, masyarakat juga harus terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial DTKS Kemensos, serta sudah memiliki KKS.

Berikut cara cek daftar nama penerima BPNT 2022:

  • Buka laman Kemensos cekbansos.kemensos.go.id.
  • Masukan atau isikan dengan nama Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan, dan Desa atau Kelurahan sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Masukan nama keluarga penerima manfaat sesuai dengan KTP.
  • Masukan kode verifikasi yang tertera.
  • Tekan tombol ‘Cari Data’.

Selanjutnya akan muncul data keluarga penerima manfat yang akan mendapat bansos PKH sesuai dengan data dan alamat yang didaftarkan.

Namun, untuk masyarakat yang belum terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat di DTKS, bisa melakukan pendaftaran melalui kantor desa terdekat.

Sebagai informasi tambahan, Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT merupakan bantuan Kemensos yang bertujuan untuk membantu dan meyejahterakan masyarakat miskin melalui bansos sembako.

Bansos sembako BPNT selanjutnya diberikan melalui kartu ATM yang disalurkan oleh bank Himbara, seperti BRI, BNI, BTN, dan Bank Mandiri.

Demikian informasi penyaluran BPNT 2022 lewat bank apa saja, simak syarat penerima bansos sembako yang cair dengan ciri KTP seperti ini.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul Penyaluran BPNT 2022 Lewat Bank Apa Saja? Ini Syarat Penerima Bansos Sembako Cair dengan Ciri KTP Ini

Comments


EmoticonEmoticon