SERING KEPIKIRAN? Tenang, Ini Jawaban Bisakah Sholat Tahajud Tanpa Tidur Dahulu? Ini Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah

NKRIku.com – Dalam agama Islam terdapat ibadah sholat wajib yang berguna untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Sholat merupakan sarana guna untuk mewujudkan ikatan kerohanian serta kejiwaan kepada Allah SWT.

Dalam ajaran agama Islam, umat muslim disarankan agar menjalani sholat sunnah tahajud.

Apabila seseorang menjalankan ibadah sholat sunnah tahajud secara rutin maka, ia akan dihujani dengan berbagai macam manfaat.

Sholat tahajud memang cukup sulit untuk dikerjakan karena waktu pengerjaannya, yang dilaksanakan ketika seseorang sedang terlelap di malam hari.

Karena kesulitan itulah yang menyebabkan sholat sunnah ini akan memberikan pahala dan juga status yang besar dari Allah SWT.

Sholat tahajud dilaksanakan pada sepertiga malam terakhir setelah bangun tidur.

Akan tetapi, banyak orang yang memilih begadang dan tidak tidur guna melaksanakan sholat sunnah ini, lalu bolehkah demikian?

Berikut ini penjelasan ustadz Syafiq mengenai hal tersebut yang telah dikutip PortalJember.com dari akun Instagram @ceramah.ustadzsyafiqbasalamah, 25 Oktober 2021.

Beliau menjelaskan memang dianjurkan untuk tidur terlebih dahulu, karena ada manfaat apabila tidur terlebih dahulu sebelum melaksanakan sholat tahajud.

Yaitu agar tubuh menjadi lebih segar ketika sedang melaksanakan sholat. Karena biasanya, ketika seseorang tidak tidur ia akan merasa tidak mengantuk.

Akan tetapi, ketika sedang mengerjakan sholat malah rasa kantuk tersebut akan muncul. Itulah cara syaitan mengganggu dengan menghilangkan rasa kantuk sebelum sholat, tapi memunculkannya ketika sedang sholat.

Memang banyak yang akan memilih untuk begadang agar tidak tertinggal waktu pelaksanaan sholat tahajud, akan tetapi banyak juga yang malah akan ketiduran ketika sedang mengerjakannya.

Oleh sebab itu, perintah untuk tidur terlebih dahulu bertujuan untuk membuat lebih bersemangat, akan tetapi apabila memang benar-benar tidak bisa tidur maka tidak apa-apa.

Asal tidak dilakukan dengan terpaksa karena tidak ingin tertinggal waktu sholat sehingga akan menyebabkan kantuk saat sedang mengerjakannya.

Karena terkabulnya doa seseorang ketika melaksanakan sholat tahajud bukan dari tidur dan tidak tidur akan tetapi, pada waktu sepertiga malam pengerjaan sholat tahajud. ***

Artikel ini telah ditayangkan di portaljember.pikiran-rakyat.com dengan judul Bolehkah Melaksanakan Sholat Tahajud Tanpa Tidur Terlebih Dahulu? Ini Kata Ustadz Syafiq Riza Basalamah

Comments


EmoticonEmoticon