ANAK ANDA WAJIB TAHU! Ini Inilah Beberapa Azab Jika Berbuat Dosa Ibu Sampai Bikin Amal Ibadah Terhapus

NKRIku.com – Berbuat dosa besar kepada orang tua terutama ibu akan mendatangkan azab sebagaimana telah disabdakan oleh Rosulullah SAW.

Janganlah berbuat dosa besar kepada ibu bapa, bahkan untuk ibu, Rosulullah sampai menekankan tiba kali, ibu.. ibu.. ibu.. lalu bapamu.

Jadi begitu pentingnya kita menghormati ibu dan tidak melakukan berbuat dosa besar kepada orang tua terutama kepada ibu.

Baca Juga: 3 DOSA Ini Tidak Diampuni Allah, Terhalang Masuk Surga, Kekal Abadi di Neraka, Kata Ustadz Khalid Basalamah

Begitu pentingnya ibu agar tidak berbuat dosa besar kepadanya karena ibu adalah seorang wanita yang telah melahirkan, merawat, melindungi, membesarkan dan mendidik kita dengan sepenuh hati.

Jadi harus kita perhatikan jangan sampai kita durhaka atau berbuat dosa kepada ibu yang telah melahirkan dan merawat kita sehingga mendapat azab dan dicap sebagai anak durhaka.

Bila seorang anak berbakti kepada orangtua terutama kepada ibu, Insya Allah akan membantu kita untuk masuk ke dalam surga.

Namun sebaliknya bila anak durhaka dan berbuat dosa maka tentu akan mendapatkan murka dari Allah SWT.

Inilah 10 azab seorang anak yang durhaka atau berbuat dosa kepada ibunya :

  1. Dosa-dosanya tidak akan diampuni Allah SWT

Dari Aisyah r.a, Rasulullah SAW bersabda: Dikatakan kepada orang yang durhaka kepada orantuanya, “berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku tidak akan mengampuni,” Dan dikatakan kepada orang yang berbakti kepada orangtua, “bahwa berbuatlah sekehendakmu, sesungguhnya aku mengampuni,” (HR. Abu Nu’aim)

  1. Diharamkan mencium wanginya surga

Allah SWT mengharamkan seseorang yang durhaka kepada orangtua untuk mencium wanginya surga. Seperti dikatakan hadits : “Sesungguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan seribu tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinya barang siapa yang durhaka kepada orangtuanya.” (HR. Thabrani)

  1. Dibenci Allah SWT.

Dalam sebuah hadits telah diriwayatkan : Ridha allah tergantung pada ridho orangtua, dan murka Allah tergantung pada murkanya orangtua” (HR. AL-Hakim)

Maksud dari hadits tersebut adalah, Allah akan meridhoi kita jika orang tua kita meridhainya, dan apabila orangtua kita murka kepada kita maka allah pun akan murka.

  1. Tidak diterima sholatnya oleh Allah SWT

Seorang anak yang durhaka shalatnya tidak akan diterima oleh Allah SWT, sebaik apapun dan sekhusuk apapun, Allah akan tetapmenolak sholat seorang anak yang durhaka. DALam (HR. Abu Al-Hasan bin Markruf) telah dikatakan : “Allah tidak akan menerima sholat orang yang dibenci kedua orantuanya yang tidak dianiaya terhadapnya.”

  1. Didunia akan diberikan azab atau hukuman

Seorang anak yang durhaka ke[ada ibunya tidak hanya mendapatkan dosa, namun Allah juga akan menimpakan azab dunia bagi mereka yang durhaka kepada ibunya

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW bersabda :

“Setiap dosa akan diakhirkan oleh Allas sekehendak-Nya sampai hari kiamat, kecuali dosa mendurhakai kedua orantua. Sesuangguhnya Allah akan menyegerakan (balasan) kepada pelakunya didalam hidupnya sebelum mati”

  1. Tidak termasuk dalam umat Nabi Muhammad SAW

Seorang anak yang durhaka kepada ibunya, maka dia bukanlah termasuk kedalam golongan Nabi Muhammad SAW. karena Rasulullah SAW telah memerintahkan kita untuk taat dan tidak durhaka kepada orangtua.

  1. Terhapus semua amal ibadahnya.

Seseorang yang rajin beribadah namun dia durhaka kepada orantuanya (ibu) maka segala amal ibadahnya yang telah dilakukannya akan terhapus. Sebagaimana yang diriwayatkan dalam hadits berikut : “Ada tiga hal yang menyebabkan terhapusnya seluruh amal, yaitu syirik kepada Allah, durhaka kepada orangtua dan seorang alim yang dipermainkan oleh orang dungu (HR. Thabrani)

  1. Dapat disebut orang kafir

Dalam (HR. Muslim) dikatakan : “Jangan membenci kedua orantuamu. Barang siapa orang yang mengabaikan kedua orantuanya, maka dia kafir.”

  1. Tidak akan masuk surga

Dalam sebuah hadits,diriwayatkan : “Ada tida jenis orang yang diharamkan Allah masuk surga, yaiutu pemabuk berat, pendurhaka terhadap kedua orangtua dan juga seorang dayyuts atau banci (orang yang merelakan kejahatan berlaku didalam keluarganya, merelakan istri dan anak perempuannya serong)” (HR. Nasa’I dan Ahmad)

  1. Termasuk kedalam orang-orang yang merugi besar
    Rasulullah SAW. Bersabda : “Sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina, sungguh kecewa dan hina orang yang mendapati orantuanya atau salah satunya sampai tua, lantas ia tidak dapat masuk surga.” (HR. Muslim)

Itulah 10 azab seorang anak yang durhaka dan melakukan dosa besar kepada Ibunya. Semoga kita tidak termasuk kedalam golongan diatas, Amiiin. ***

Comments


EmoticonEmoticon