HOREEE! Sesuai Instruksi Presiden, Pencairan Bansos Rp 600 Ribu buat PKL-Nelayan Dipercepat

NKRIku.com – Pemerintah telah memutuskan bahwa pencairan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang membutuhkan.

Hal tersebut dilakukan sebagaimana tindak lanjut atas arahan Presiden Joko Widodo yang menginstruksikan percepatan penyaluran bansos untuk tahun 2022.

“Target kita untuk tahun 2022 dan bagaimana kita juga akan tetap fleksibel dalam konteks menghadapi varian Omicron, ini sudah kita lakukan. Untuk 2022 ini kita melakukan front loading penyaluran perlindungan masyarakat,” kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu dalam diskusi virtual, Kamis (10/2/2022).

Adapun proses percepatan juga dilakukan dalam penyaluran program bantuan tunai yang dikhususkan kepada pedagang kaki lima (PKL), pemilik warung, hingga nelayan.

Bantuan diberikan kepada masing-masing penerima sebesar Rp 600 ribu. “Penyaluran bantuan PKL Warung sebesar Rp 600 ribu untuk 1 juta,” jelas Febrio.

Secara terpisah, sebelumnya Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan perluasan bantuan tunai sebesar Rp 600 ribu ini diberikan kepada mereka yang belum mendapatkan bansos sama sekali.

Pemberian utamanya diberikan secara acak saat pemerintah bertemu dengan mereka di lapangan.

“Kita berikan kepada mereka yang belum mendapatkan bansos dan mereka biasanya kita temukan langsung di lapangan. Beberapa waktu yang lalu Bu Menteri Keuangan di Medan, Bapak Presiden di beberapa tempat setiap beliau berkunjung ke daerah menemui pedagang dan memberikan bantuan,” kata Airlangga dalam acara BRI Microfinance Outlook 2022, Kamis (10/2/2022).

Sebelumnya Airlangga pernah mengatakan bahwa penerima bansos ini targetnya diberikan kepada 2,76 juta orang dengan nominal masing-masing Rp 600 ribu per penerima.

Jumlah penerima itu terdiri dari 1 juta PKL dan pemilik warung, serta 1,76 juta orang nelayan.

Airlangga berharap bantuan kepada PKL hingga nelayan dapat dilanjutkan dengan penyaluran kredit dari bank-bank pelat merah.

Dia yakin dengan begitu dapat meningkatkan inklusi keuangan yang notabene tidak menyentuh semua PKL hingga pemilik warung. (***)

Artikel ini telah tayang di finance.detik dengan judul Siap-siap! Pencairan Bansos Rp 600 Ribu buat PKL-Nelayan Dipercepat

Comments


EmoticonEmoticon