KABAR GEMBIRA! Pemerintah Sebut Telah Cairkan BLT UMKM Rp600.000 Sejak Awal 2022, Sudah Dapat?

NKRIku.com – Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto menyebut, pemerintah sudah mulai mencairkan program bantuan sosial (bansos) di awal 2022 ini.

Salah satunya, bantuan langsung tunai atau BLT UMKM Super Mikro.

“Di tahun lalu kita berikan Rp 1,2 juta, saat ini kita berikan Rp 600 ribu,” ujar Menko Airlangga dalam BRI Microfinance Outlook 2022, Kamis (10/2).

Menurut dia, proses pencairannya sudah dimulai secara perlahan kepada sejumlah pedagang kecil dan pedagang kaki lima (PKL).

Itu dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) ataupun Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat melakukan kunjungan kerja.

“Beberapa waktu lalu Bu Menteri Keuangan di Medan bersama-sama kita berikan, dan bapak Presiden di beberapa tempat setiap beliau berkunjung di berbagai daerah menemui pedagang dan memberikan bantuan,” ungkapnya.

Dorong Peran Serta Industri Keuangan

Menko Airlangga ingin program bansos ini bisa dilanjutkan ke kredit super mikro melalui PT Permodalan Nasional Madani (PNM), atau melalui pembiayaan ultra mikro (UMI) maupun Kredit Usaha Rakyat (KUR) Super Mikro milik Bank BRI.

Adapun pada 2022 ini, dia menyebut total alokasi dana pemulihan ekonomi dan penanganan covid yang disalurkan pemerintah sebesar Rp 452 triliun.

“Kita tentu berharap bantuan tunai ini bisa digelindingkan ke level berikutnya dengan super mikro, karena kan kita berikan mereka yang belum mendapatkan bansos, mereka biasanya temukan langsung di lapangan,” kata dia.(***)

Artikel ini telah tayang di merdeka.com dengan judul Pemerintah Klaim Telah Salurkan BLT UMKM Rp600.000 Sejak Awal 2022

Comments


EmoticonEmoticon