PENGEN LOLOS PRAKERJA? Coba Deh Lihat 6 Hal Ini Dijamin Bikin Lolos Untuk Gelombang 23 yang Akan Segera Dibuka

NKRIku.com – Simak enam hal yang harus dilakukan agar lolos Kartu Prakerja gelombang 23 yang akan segera dibuka. Para penerima bisa dapat uang hingga Rp3,55 juta.

Kartu Prakerja berlanjut di tahun 2022 dan akan mencapai gelombang 23. Meskipun belum ada pembukaan secara resmi, masyarakat bisa daftar akun dari sekarang.

Pemerintah memastikan Kartu Prakerja gelombang 23 dibuka di awal tahun 2022. Rencananya jumlah kuota mencapai 2,9 juta orang yang akan lolos program semi bansos di tahun ini.

Bagi peserta yang menerima Kartu Prakerja akan mendapatkan kesempatan pelatihan online yang dibiayai oleh pemerintah hingga mendapatkan insentif jutaan rupiah.

Kartu Prakerja dimulai sejak tahun 2020. Hingga gelombang terakhir yaitu gelombang 22 di bulan November 2021, laporan menyebutkan ada 11,4 juta orang yang dinyatakan sebagai penerima.

Peserta yang mendaftar akun Kartu Prakerja mencapai 84 juta orang dari seluruh Indonesia. Sehingga program pemerintah itu dinilai menarik pehatian masyarakat, sehingga pemerintah memutuskan untuk melanjutkan ke gelombang 23.

Enam hal yang harus dilakukan agar lolos Kartu Prakerja gelombang 23 hingga mendapat uang Rp3,55 juta

  1. Ketahui syarat penerima Kartu Prakerja

Meskipun memiliki kuota penerima hingga jutaan orang, Kartu Prakerja tetap menetapkan syarat sebagai batasan bagi masyarakat yang berhak mendapat bantuan.

Dikutip dari laman prakerja.go.id, ini syarat yang harus dipenuhi oleh pendaftar:

  • Warga Negara Indonesia lebih dari 18 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal di sekolah atau Perguruan Tinggi
  • Masyarakat yang sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Belum menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.
  • Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

2. Daftar dan login akun Kartu Prakerja

Apabila memenuhi syarat di atas, masyarakat bisa langsung membuat akun atau daftar Kartu Prakerja meskipun gelombang 23 belum dibuka.

Berikut ini link dan cara daftar akun Kartu Prakerja

  • Buka link prakerja.go.id (klik DI SINI)
  • Klik ‘Daftar Sekarang’
  • Isi email, password, dan konfirmasi password
  • Cek kotak masuk email dari Kartu Prakerja
  • Klik link ‘Verifikasi’
  • Setelah itu maka Anda akan dialihkan kembali ke prakerja.go.id
  • Login menggunakan email dan password yang tadi digunakan saat buat akun

3. Isi data diri

Setelah selesai login akun, maka Anda harus mengisi beberapa data diri sesuai KTP dan KK yang dimiliki. Pastikan informasi yang diisi sesuai dengan apa yang tertera di kartu identitas.

Bagi calon pendaftar yang sudah menerima bantuan maka tak bisa melanjutkan tahap sebab sistem akan membaca apabila NIK KTP sudah terdaftar sebagai penerima bansos lainnya dari pemerintah. Pastikan pula KTP dan KK valid dan terdaftar di Dukcapil.

  1. Unggah swafoto KTP

Website akan meminta pendaftar untuk mengunggah swafoto KTP yang sah dan valid. Ini digunakan untuk memastikan keabsahan data Anda.

Ambil foto KTP dengan jelas dan mencakup seluruh badan KTP. Pastikan diambil di tempat yang terang, tidak blur, dan tak disarankan menggunakan flash.

  1. Ikuti tes seleksi online

Tes seleksi online adalah langkah wajib yang harus dilakukan apabila pendaftar ingin lolos Kartu Prakerja. Anda harus menyiapkan waktu sekitar hampir 30 menit.

Adapun soal pilihan ganda yang dikerjakan mencakup Tes Kemampuan Dasar dan Tes Motivasi Diri. Siapkan coret-coretan dan pilih tempat yang hening untuk berkonsentrasi.

  1. Klik ‘Gabung’ pada gelombang yang sedang dibuka

Apabila belum ada pembukaan gelombang, pendaftar bisa logout akun dan mendengar pengumuman Kartu Prakerja gelombang 21 dibuka melalui Instagram @prakerja.go.id.

Jika telah dibuka, login akun kembali dan klik ‘Gabung’ pada dashboard. Maka secara resmi, pemilik akun terdaftar sebagai peserta seleksi Kartu Prakerja gelombang 23.

Biasanya pengumuman kelolosan dilakukan beberapa hari setelah gelombang ditutup. Aoabila dinyatakan lolos akan mendapat uang bantuan Rp1 juta untuk membeli pelatihan online.

Selesaikan pelatihan online untuk dapat insentif pasca pelatihan senilai Rp2,4 juta dan insentif survey Rp150 ribu.

Demikian enam hal yang harus dilakukan agar lolos Kartu Prakerja gelombang 23 untuk dapat uang total Rp3,55 juta.***

Artikel ini telah tayang di beritadiy.pikiran-rakyat.com dengan judul 6 Hal Ini Dijamin Bikin Lolos Kartu Prakerja Gelombang 23 yang Akan Segera Dibuka

Comments


EmoticonEmoticon