ASYIKK! BLT Minyak Goreng 2022 Cair Sebelum Lebaran, Simak Cara Ceknya di Sini

NKRIku.com – Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dikabarkan bakal mencairkan Bantual Langsung Tunai atau BLT Minyak Goreng sebelum Idul Fitri atau Lebaran 2022 tiba.

Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengatakan, proses pencairan BLT Minyak Goreng sudah mencapai 98 persen.

“Akan rampung insya Allah, ini 2-3 hari akan selesai,” kata Mensos Risma sebagaimana dikutip Portal Majalengka dari Antara pada Jumat, 29 April 2022.

Ia menjelaskan, BLT Minyak Goreng diberikan dengan indeks Rp100.000 setiap bulan selama tiga bulan, yakni April, Mei dan Juni, yang diserahkan sekaligus sebesar Rp. 3000 ribu pada bulan April 2022.

Sehingga menurutnya, masyarakat yang memenuhi syarat akan menerima bantuan senilai Rp. 300 ribu per keluarga penerima manfaat (KPM) yang diserahkan secara tunai melalui PT Pos Indonesia.

Selanjutnya, pada bulan Mei 2022 depan, KPM akan menerima bansos BPNT maupun PKH reguler seperti biasanya. Dengan demikian tidak akan mendapat lagi tambahan BLT Minyak Goreng.

Sebagai informasi, BLT Minyal Goreng menjangkau sasaran sebanyak 20,65 juta KPM.

Mereka yang menerima BLT Minyak Gorenf adalah 18,8 juta KPM Bantuan Pangan Non-Tunai tau BPNT dan 1,85 juta KPM Program Keluarga Harapan atau PKH yang belum terdaftar sebagai penerima BPNT.

Penerima BLT Minyak Goreng harus memastikan terlebih dahulu terdaftar Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS.

Karena penyaluran BLT Minyak Goreng dipastikan sesuai atau padan dengan DTKS untuk masyarakat yang telah divalidasi.

Berikut ini cara cek penerima BPNT dan PKH 2022 untuk mendapatkan BLT Minyak Goreng sebesar Rp. 300 ribu.

  1. Buka browser di HP Anda.
  2. Kunjungi situs cekbansos.kemensos.go.id.
  3. Pada kolom wilayah penerima manfaat, masukkan provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan.
  4. Isi nama penerima manfaat sesuai KTP.
  5. Masukkan 8 huruf kode (dipisahkan spasi) yang tertera dalam kotak kode.
  6. Apabila huruf kode kurang jelas, klik ikon sebelah kanan untuk mendapatkan kode baru.
  7. Klik tombol “CARI DATA”.
  8. Kemudian, sistem akan mencocokkan data KTP penerima yang berhak mendapatkan bansos PKH/BPNT 2022 dengan database di DTKS Kemensos.

Maka dari itu, masyarakat dihimbau untuk segera mengecek apakah termasuk dari penerima BLT Minyak Goreng sebelum Lebaran Idul Fitri 2022 tiba.

Karena diharapkan BLT Minyak Goreng tersebut dapat membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Lebaran Idul Fitri 2022.***

Artikel ini telah tayang di portalmajalenka.pikiran-rakyat.com dengan judul Hore! BLT Minyak Goreng 2022 Cair Sebelum Lebaran, Simak Cara Ceknya di Sini

Comments


EmoticonEmoticon