IBU-IBU WAJIB TAHU! Puasa Ramadhan Tapi Tidak Sholat, Hukumnya? Ini Kata Ustadz Abdul Somad

NKRIku.com – Pada bulan suci Ramadhan ini, umat Muslim dianjurkan untuk berlomba-lomba dalam berbuat kebaikan sebanyak-banyaknya.

Pasalnya, Allah akan melipatgandakan kebaikan hanya pada bulan Ramadhan menjadi jauh lebih banyak.

Namun, bagaimana jika seorang Muslim melakukan puasa tapi tidak sholat tarawih atau lima waktu, bahkan juga sering berkata kasar?

Dikutip PortalJember.com dari video yang diunggah di channel YouTube Ustadz Abdul Somad Official pada 25 Agustus 2019, Ustadz Abdul Somad (UAS) terlebih dahulu menjelaskan tentang risiko orang yang tidak melaksanakan beberapa ibadah dalam agama Islam.

“Orang yang tidak berzakat itu segera fasik, orang yang tidak puasa itu fasik, tapi orang yang tidak sholat, dia bisa kafir,” kata Ustadz Abdul Somad.

Ustadz Abdul Somad kemudian mengimbau agar jangan meninggalkan sholat karena sholat merupakan tiang agama.

“Oleh sebab itu, maka jangan tinggalkan sholat, sebagian ulama mengatakan meninggalkan sholat itu tidak sampai mengeluarkan dia daripada agama,” ungkap Ustadz Abdul Somad.

“Akan tetapi sholat adalah tiang agama, jadi bangunan ini akan hancur roboh kalau tiangnya tidak kuat, oleh sebab itu jangan tinggalkan sholat, sholat dan puasa,” imbuhnya.

Selanjutnya, Ustadz Abdul Somad juga menyebutkan terkait omongan kasar terhadap puasa ternyata tidak berpengaruh.

“Bagaimana dengan omongan yang kasar? Siapa yang tidak meninggalkan kata-kata dusta, bohong, tipu, tidak meninggalkan perbuatan curang, tipu muslihat,” tutur Ustadz Abdul Somad.

“Perbuatan dia meninggalkan makan, meninggalkan minum, tidak makan, tidak minum, itu tak ada pengaruh,” sambungnya.

Namun, Ustadz Abdul Somad mengingatkan bahwa orang yang berpuasa namun tidak meningkatkan ibadah apalagi meninggalkannya maka tak akan dapat apapun selain lapar.

“Berapa banyak orang yang puasa, tidak dapat apa-apa dari puasanya, hanya lapar saja, wallahualam,” ungkapnya.

Artikel ini telah tayang di portaljember.pikiran-rakyat.com dengan judul Puasa Ramadhan tapi Berkata Kasar dan Tidak Sholat, Bagaimana Hukumnya? Ustadz Abdul Somad Jelaskan Begini


Comments


EmoticonEmoticon