INI DIA JADWAL BSU 2022 Kapan Cair? Ini Info BPJS Ketenagakerjaan Soal Pencairan BLT Subsidi Gaji Karyawan

NKRIku.com – BLT subsidi gaji 2022 kapan cair? Simak pengumuman resmi BPJS Ketenagakerjaan terkait jadwal pencairan Bantuan Subsidi Upah atau BSU bagi karyawan/pekerja.

Hingga saat ini banyak karyawan yang mencari informasi pasti jadwal cair BLT subsidi gaji 2022 yang menurut informasi besaran BSU mencapai Rp1 juta.

Banyak pihak yang memprediksi bahwa BLT subsidi gaji 2022 akan cair di bulan April bagi karyawan yang sudah memenuhi syarat.

Hal ini disebebkan karena pemerintah telah mengumumkan di bulan April bahwa BLT subsidi gaji 2022 akan cair.

Akan tetapi, sebenarnya jadwal pasti kapan BLT subsidi gaji 2022 cair belum diumumkan, baik oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) selaku penyelenggara program maupun BPJS Ketenagakerjaan sebagai mitra pencairan BSU untuk karyawan.

Menaggapi simpang siur jadwal cair BLT subsidi gaji 2022 untuk karyawan, pihak BPJS Ketenagakerjaan baru-baru ini membuat pengumuman terbaru.

Melalui akun Instagram resminya, pihak BPJS Ketenagakerjaan menyebutkan bahwa pencairan BLT subsidi gaji 2022 masih dalam proses.

BPJS Ketenagakerjaan saat ini sedang mempersiapkan data karyawan/pekerja yang berhak mencairkan BLT subsidi gaji 2022.

“Selamat siang Sahabat. Perihal informasi rencana pemberian Bantuan Subsidi Upah (BSU) tahun 2022, BPJAMSOSTEK sebagai mitra penyedia data mendukung kebijakan BSU 2022 akan mempersiapkan data sesuai dengan kriteria yang diatur dalam regulasi,” tulis pihak BPJS Ketenagakerjaan seperti dikutip Pikiranrakyat-Depok.com dari @bpjs.ketenagakerjaan.

Dalam pengumuman tersebut, pihak BPJS Ketenagakerjaan juga belum memberikan jadwal pasti kapan cair BLT subsidi gaji 2022 bagi pekerja.

“Namun sampai saat ini kami belum dapat memberikan informasi lebih lanjut terkait Bantuan Subsidi Upah (BSU) dikarenakan hal tersebut masih dalam tahap penyusunan regulasi oleh Pemerintah,” tulisnya.

Akan tetapi, BPJS Ketenagakerjaan menyiapkan sejumlah saluran pelayanan yang bisa digunakan masyarakat untuk mencari tahu informasi terkait jadwal, hingga mekanisme pencairan BLT subsidi gaji 2022.

“Jika membutuhkan informasi lebih lanjut silakan hubungi Contact Center 175 atau email ke [email protected],” tulis @bpjs.ketenagakerjaan.

Seperti diketahui, pemerintah dalam pengumuman resminya baru-baru ini menyatakan bahwa ada 8,8 juta karyawan yang ditargetkan mendapat BSU 2022.

Sedangkan total dana yang disiapkan untuk penyaluran BLT subsidi gaji sebesar Rp8,8 triliun.

Adapun Kemnaker juga belum menyinggung soal jadwal pasti pencairan BLT subsidi gaji 2022.

Kemnaker hanya menyebutkan bahwa pihaknya sedang mengupayakan mekanisme terbaru, dan untuk sementara ini menggunakan syarat tahun lalu yang mengacu pada Permenaker Nomor 16 Tahun 2021.

Berikut ini sejumlah syarat penerima BLT subsidi gaji berdasarkan peraturan tahun lalu, antara lain:

  1. Karyawan tergolong sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk atau KTP.
  3. Peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Bergaji di bawah Rp3,5 juta.
  5. Bekerja di wilayah PPKM Level 4 dan level 3 yang ditetapkan pemerintah.
  6. Penerima BLT subsidi gaji diutamakan untuk karyawan yang bekerja di sektor industri barang konsumsi, transportasi, aneka industri, properti dan real estate.

Pihak BPJS Ketenagakerjaan juga menyediakan cara online untuk mengecek status penerimaan BLT subsidi gaji.

Pekerja/karyawan bisa mengakses situs bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id untuk melihat apakah layak mendapat BLT subsidi gaji atau tidak dengan merujuk cara cek penerima BSU tahun sebelumnya.

Cara cek status penerima BLT subsidi gaji di bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

  • Akses bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id
  • Isi identitas diri di kolom yang tersedia sesuai data Kartu Tanda Penduduk (KTP) Anda, misalnya, Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap, dan tanggal lahir.
  • Lalu, pilih dan klik menu “Lanjutkan”.
  • Sistem bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id akan menunjukkan status penerima BLT subsidi gaji melalui notifikasi yang muncul.

Demikian pengumuman resmi BPJS Ketenagakerjaan terkait rencana pencairan BLT subsidi gaji 2022 Rp1 juta untuk karyawan.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul BSU 2022 Kapan Cair? Ini Pengumuman BPJS Ketenagakerjaan Soal Jadwal Pencairan BLT Subsidi Gaji Karyawan

Comments


EmoticonEmoticon