MAU BLT RP 300 RIBU? Mudah Kok, Daftar BLT Dana Desa Tahun 2022, Begini Syarat dan Langkahnya

NKRIku.com – Berikut informasi bagi warga desa yang ingin mendapatkan BLT Dana Desa Rp300 ribu setiap bulan, simak syarat dan cara daftarnya di ulasan ini.

BLT Dana Desa Rp300 ribu merupakan bantuan uang tunai bagi Warga Desa yang tidak pernah mendapatkan bansos seperti PKH, BPNT, BSU hingga Kartu Prakerja dan termasuk dalam kategori kurang mampu.

Perlu diketahui, pemerintah melanjutkan kembali pencairan BLT Dana Desa sebesar Rp300 ribu kepada penerima manfaat di tahun 2022.

BLT Dana Desa bulan Mei ini merupakan pencairan tahap ke 3 setelah sebelumnya bulan Maret dicairkan Rp900 ribu hasil rangkap dari 3 bulan dan April sebesar Rp300 ribu.

Bagi masyarakat yang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah dalam program bantuan lain dan ingin mendapatkan bansos BLT Dana Desa Rp300 ribu.

Berikut cara mendaftarkan diri Anda secara offline atau manual,lengkap dengan syaratnya supaya mendapatkan BLT DD (Bantuan Langsung Tunai Dana Desa):

Pemerintah masih terus menyalurkan progam bansos BLT Dana Desa Rp 300 ribu ini untuk warga atau penduduk desa yang menetap dan mengalami kekurangan ekonomi (kemiskinan).

Dengan adanya bantuan BLT Dana Desa ini, pemerintah berharap supaya warga desa yang masih mengalami kekurangan ekonomi bisa teratasi dan tak mengalami kemiskinan yang berkepanjangan.

Berikut MEDIA BLORA kutip dari berbagai sumber bagaimana langkah-langkah daftar offline BLT Dana Desa, yaitu

  1. Pastikan Anda mempunyai data NIK KTP sesuai dengan domisili di desa setempat.
  2. Pastikan Anda termasuk kategori warga kurang mampu (miskin dan miskin ekstrem). Dengan jumlah pendapatan kurang dari Rp 500.000 per bulan.
  3. Pastikan Anda belum pernah mendapatkan bantuan pemerintah lainnya seperti PKH, BPNT, BST atau Kartu Prakerja.
  4. Telah kehilangan pekerjaan (PHK) akibat pandemi Covid-19.
    Mempunyai anggota keluarga yang sakit kronis menahun.

Jika Anda memenuhi semua syarat tersebut, langkah selanjutnya pendaftaran atau juga bisa melalui relawan desa yang telah dilengkapi dengan surat tugas dari kepala desa (Kades), RT/RW.

Selanjutnya dokumen Anda, sebagai calon penerima BLT DD akan divalidasi dan diputuskan dalam musyawarah desa.

Jika sudah ditetapkan dalam data sebagai penerima BLT DD, dokumen Anda, akan dimasukkan dalam berita acara dan disahkan oleh Kades beserta BPD.

Dokumen tersebut kemudian diteruskan kepada bupati atau walikota untuk disahkan.

Setelah itu, Kades akan menyampaikan surat undangan atau pemberitahuan kepada Anda, selaku penerima BLT DD, apakah pengajuan diri anda diterima atau ditolak.

Perlu diketahui, Informasi mengenai cara daftar dan mengecek BLT DD, memang cukup penting bagi masyarakat.

Sebab masih banyak masyarakat yang ternyata belum tersentuh sama sekali dengan program bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah.

Tidak hanya itu, banyak diantara masyarakat yang sebelumnya kehidupan layak dan terbilang mampu.

Tapi mengalami keterpurukan ekonomi akibat pandemi Covid-19. Misalnya kehilangan mata pencaharian atau penghasilan (PHK).

Demikianlah informasi tentang syarat dan cara mendaftar BLT Dana Desa supaya dapat bantuan uang tunai sebesar Rp300 ribu setiap bulan di tahun 2022.***

Artikel ini telah tayang di blora.pikiran-rakyat.com dengan judul Cara Mudah Daftar BLT Dana Desa Rp300 Ribu, yang Cair Tiap Bulan di Tahun 2022, Ini Syarat dan Langkahnya

Comments


EmoticonEmoticon