HOREE HOREE! BLT Anak Sekolah Masih Cair Juni 2022? Bantuan Hingga 4,4 Juta Dengan Penuhi Syarat Ini

NKRIku.com – Pencairan bansos PKH tahap 2 yang di dalamnya terdapat komponen BLT Anak Sekolah masih terus dilakukan hingga Juni 2022.

BLT Anak Sekolah cair Juni 2022 dengan total bantuan Rp4,4 juta hanya diberikan kepada siswa SD, SMP, dan SMA yang memenuhi syarat dapat bantuan.

Supaya siswa SD, SMP, dan SMA dapat BLT Anak Sekolah cair Juni 2022 senilai total Rp4,4 juta, masyarakat bisa segera daftar melalui dua cara.

Namun sebelum daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022, maka siswa SD, SMP, dan SMA harus memenuhi syarat yang telah ditentukan oleh Kemensos.

Adapun syarat daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 agar dapat bantuan total Rp4,4 juta di antaranya, yakni harus memiliki Kartu Indonesia Pintar atau KIP.

Kemudian, siswa pemilik KIP ini harus tercatat di Dapodik dan terdaftar di lembaga pendidikan formal atau nonformal sesuai dengan daerah masing-masing.

Bagi siswa SD, SMP, dan SMA yang tidak memiliki KIP, bisa melakukan pendaftaran dengan membawa KKS ke lembaga dinas pendidikan terdekat.

Apabila tidak mempunyai KKS, orangtua bisa meminta Surat Keterangan Tidak Mampu atau SKTM dari RT/RW hingga kelurahan.

Setelah syarat tersebut dipenuhi, orang tua siswa bisa segera daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 secara online di aplikasi Cek Bansos maupun offline dengan datang langsung ke perangkat desa setempat.

Untuk cara daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 online di aplikasi Cek Bansos, bisa ikuti langkah di bawah ini.

Langkah pertama yang perlu dilakukan saat daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 online yakni, orang tua siswa SD, SMP, dan SMA harus menyiapkan KTP dan KK atau Kartu Keluarga.

Jika KK dan KTP telah siap, maka orang tua siswa bisa segera buka PlayStore di HP untuk unduh aplikasi Cek Bansos.

Apabila aplikasi Cek Bansos sudah terunduh, maka bisa segera lakukan registrasi di aplikasi resmi Kemensos tersebut.

Layanan menu pada aplikasi Cek Bansos pun sudah dapat diakses untuk kemudian segera pilih menu daftar usulan.

Menu Daftar Usulan ini berfungsi untuk mendaftarkan diri di DTKS Kemensos dengan klik “tambah usulan”.

Langkah terakhir saat daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 online di aplikasi Cek Bansos, yakni orang tua siswa bisa pilih jenis bansos PKH.

Data yang berhasil diusulkan akan memuat nama, NIK dan status kesesuaian Dukcapil, kesesuaian wilayah dengan pengusul KK.

Sementara itu untuk daftar BLT Anak Sekolah Juni 2022 secara offline agar dapat bantuan total Rp4,4 juta, masyarakat bisa datang langsung ke Kantor Kelurahan terdekat dengan membawa KK dan KTP.

Nantinya, data yang masuk bakal dimusyawarahkan terlebih dahulu oleh perangkat desa terkait apakah layak dapat BLT Anak Sekolah Juni 2022 total Rp4,4 juta atau tidak.

Siswa yang dinyatakan lolos dan terdaftar sebagai penerima BLT Anak Sekolah Juni 2022, dipastikan bakal mendapat bantuan total Rp4,4 juta dengan nominal berbeda-beda sesuai kategori.

Dari total Rp4,4 juta tersebut, masing-masing siswa SD sederajat bakal dapat BLT Anak Sekolah Rp900.000 per tahun atau Rp225.000 tiap tahap.

Kemudian, ada siswa SMP sederajat yang dipastikan dapat BLT Anak Sekolah Rp1,5 juta per tahap atau Rp375.000 tiap tahun.

Tidak hanya itu saja, siswa SMA sederajat juga akan mendapat BLT Anak Sekolah Juni 2022 Rp2 juta per tahun atau Rp500.000 setiap tahap penyaluran.

Dana BLT Anak Sekolah Juni 2022 nantinya bakal ditransfer langsung melalui lembaga penyalur, yakni Bank Himpunan Negara atau Himbara.

Adapun Bank Himbara yang dimaksud yakni Bank Negara Indonesia atau BNI, Bank Republik Indonesia atau BRI, Bank Tabungan Negara atau BTN, dan Bank Mandiri.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul BLT Anak Sekolah Masih Cair Juni 2022, Penuhi Syarat ini agar Siswa SD, SMP, dan SMA Dapat Bantuan Rp4,4 Juta

Comments


EmoticonEmoticon