KABAR BAIK! Ini Dia Cara Daftar Bansos 2022 Pakai HP agar Dapat PKH dan BPNT

NKRIku.com – Berikut telah dirangkum cara daftar bansos 2022 yang bisa dilakukan secara online agar mendapatkan PKH, BPNT, hingga BLT yang masih cair.

BPNT, PKH, dan BLT hingga Juni 2022 ini masih terus dicairkan oleh Kemensos kepada masyarakat tidak mampu yang sudah terdaftar sebagai penerima bansos 2022.

Adapun dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara daftar bansos 2022 secara online menggunakan HP untuk bisa dapat BPNT, PKH, dan BLT yang masih cair.

Bansos 2022 diberikan oleh Pemerintah untuk membantu perekonomian masyarakat menengah ke bawah, terutama yang tidak memiliki penghasilan setiap bulannya atau terdampak pandemi.

Sebagaimana dikutip oleh Pikiranrakyat-Depok.com dari Instagram Kemensos, berikut ini cara daftar bansos 2022 untuk bisa dapat dana BPNT, PKH, dan BLT yang masih cair.

  1. Unduh aplikasi Cek Bansos melalui aplikasi Play Store menggunakan HP yang terkoneksi internet.
  2. Kemudian siapkan KTP untuk mendaftar bansos 2022, untuk mendapatkan dana BPNT, PKH, dan BLT.
  3. Login dan isi data diri lengkap calon penerima bansos 2022 pada kolom pembuatan akun baru (untuk yang tidak memiliki akun), agar bisa mengakses aplikasi Cek Bansos.
  4. Masukan nomor KK, KTP, dan nama lengkap sesuai dengan KTP penerima bansos 2022.
  5. Masukan nama daerah Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, dan alamat rumah lengkap sesuai domisili KTP.
  6. Setelahnya tulis alamat tempat tinggal dan lampirkan foto KTP berikut swafoto dengan menunjukkan KTP penerima bansos 2022.
  7. Kemudian, klik opsi ‘Buat Akun Baru’.

Setelah berhasil membuat akun baru, Anda bisa dapat mengakses aplikasi, untuk melakukan pendaftaran DTKS, untuk dapat bansos 2022.

  1. Pilih opsi ‘Daftar Usulan’ untuk mendaftarkan data penerima bansos 2022.
  2. Pilih menu ‘tambah usulan’, dan isi data penerima yang ingin diusulkan.
  3. Kemudian dalam beberapa menit data yang sudah diusulkan tadi akan segera muncul, sesuai dengan catatan Dukcapil.

Setelah semua syarat dipenuhi, penerima hanya tinggal mencairkan dana di kantor cabang bank negara seperti BNI, BRI, Mandiri, dan BTN, untuk pencairan PKH dan BLT.

Sedangkan untuk BPNT, hanya bisa dicairkan melalui Kantor Pos terdekat menggunakan Kartu Sembako.

Demikian itulah penjelasan cara daftar penerima bansos 2022 online pakai HP, untuk bisa dapat dana BPNT, PKH, dan BLT.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cara Daftar Bansos 2022 secara Online Pakai HP agar Dapat PKH, BPNT, hingga BLT yang Masih Cair

Comments


EmoticonEmoticon