ADA YANG SAMA! Kenapa BPNT Juli 2022 Tak Kunjung Cair? Simak Informasi Terbaru dan Cara Adukan

NKRIku.com – Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT dijadwalkan bakal cair lagi pada Juli 2022 ini kepada masyarakat yang tergolong penerima.

Namun hingga menjelang akhir Juli 2022, BPNT yang dijadwalkan sudah disalurkan tak kunjung cair kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

KPM tentu saja bertanya-tanya kenapa BPNT yang seharusnya cair bulan ini belum ada kabar dari Kemensos bakal cair tanggal berapa.

Seperti diketahui, KPM yang bakal dapat BPNT, termasuk yang cair Juli 2022, merupakan masyarakat yang sudah memenuhi syarat dapat bantuan dari Kemensos tersebut.

Sehingga, apabila BPNT bulan ini tak kunjung cair, bisa juga disebabkan karena dia tidak masuk dalam golongan yang dapat bantuan reguler ini.

Selain itu, kenapa BPNT bulan ini tak kunjung cair lantaran Kemensos saat ini juga belum memberikan pengumuman resmi kapan bansos itu bakal disalurkan.

Namun, masyarakat golongan KPM tidak perlu khawatir lantaran BPNT Julis 2022 pasti cair, hanya saja penyalurannya masih menunggu kabar dari Kemensos.

BPNT yang cair bulan ini yang pasti bakal diberikan kepada KPM dengan data KTP yang telah ada di DTKS Kemensos dan sudah pernah mendapat bantuan pada periode sebelumnya.

Namun untuk memastikan lagi, KPM bisa cek kembali status atau daftar nama penerima BPNT bulan ini melalui link resmi Kemensos, yakni cekbansos.kemensos.go.id.

KPM hanya memerlukan KTP dan HP yang tersambung internet untuk kemudian segera masuk ke link cekbansos.kemensos.go.id.

Setelah itu, pilih nama wilayah lengkap KPM yang berupa nama provinsi, kabupaten atau kota, dan desa atau kelurahan.

Selanjutnya, input nama lengkap KPM sesuai yang tertera di KTP, lalu tulis 8 kode huruf yang ada di kotak.

Jika kode kurang jelas, bisa ulangi lagi. Selanjutnya klik “Cari Data” yang bakal menampilkan sejumlah pemberitahuan.

Adapun pemberitahuan tersebut yakni nama lengkap KPM, jenis bansos yang diterima, serta status apakah bantuan sudah dicairkan atau belum.

Apabila setelah masuk ke link cekbansos.kemensos.go.id dan nama tidak muncul, maka kemungkinan dia memang tidak atau sudah tidak berhak dapat BPNT bulan ini.

Bagi masyarakat yang memenuhi syarat namun tidak dapat BPNT bulan ini hingga namanya tidak ada di cekbansos.kemensos.go.id, maka bisa melapor ke nomor pengaduan Kemensos.

Adapun nomor yang bisa dihubungi untuk mengadukan masalah yang dihadapi KPM yakni 0811 10 222 10 atau bisa juga melalui email di [email protected].

Masyarakat juga bisa melaporkan jika terjadi salah sasaran, penyelewangan, hingga pungutan liar lewat nomor pengaduan tersebut.

Masyarakat bisa laporkan dengan membuat aduan ke pihak Kemensos melalui aplikasi Cek Bansos di menu “Sanggah”. Bagaimana caranya?

Masyarakat hanya perlu mengunduh aplikasi Cek Bansos di HP masing-masing, lalu segera buat user ID pengguna aplikasi dengan alamat email aktif.

Setelahnya, login menggunakan user ID yang sudah diaktivasi dan diverivikasi oleh admin Kemensos, lalu masuk ke menu Tanggapan Kelayakan.

Demikian informasi mengenai kenapa BPNT bulan ini tidak kunjung cair, penyebab hingga cara mengadukan ke Kemensos.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Kenapa BPNT Juli 2022 Tak Kunjung Cair? Simak Informasi Terbaru hingga Cara Adukan ke Kemensos

Comments


EmoticonEmoticon