BPNT AGUSTUS 2022 CAIR MULAI TANGGAL INI? Cek Nama Penerima Bansos Rp200.000 di LINK INI

NKRIku.com – Simak tanggal cair dan cara cek nama penerima bantuan sosial (bansos) untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di bulan Agustus 2022.

Untuk diketahui, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan lagi bansos BPNT di Agustus 2022 yang diperkirakan mulai cair dari tanggal 1 hingga 31 mendatang.

Sesuai rentang waktu tanggal pencairan bansos Kemensos di bulan Agustus 2022 tersebut, masyarakat bisa segera cek nama penerima BPNT secara online.

Adapun artikel kali ini selain membahas tanggal cair BPNT di Agustus 2022, juga mengulas cara cek nama penerima bantuan ini melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, BPNT merupakan salah satu bansos regular dari Kemensos yang diberikan kepada masyarakat miskin atau rentan miskin dalam bentuk non-tunai.

Persyaratan ugar agar bisa menerima BPNT sama dengan Program Keluarga Harapan (PKH), yakni masyarakat harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Setelah terdaftar di DTKS, masyarakat akan digolongkan sebagai keluarga penerima manfaat atau KPM.

Kemensos di tahun 2022 ini menargetkan sebanyak 18,8 juta masyarakat menjadi KPM bansos BPNT.

Masing-masing KPM dalam setahun akan menerima total bansos BPNT senilai Rp2,4 juta.

Akan tetapi, pencairan bantuan ini dilakukan setiap bulan sebesar Rp200.000 .

Adapun tujuan Kemensos memberikan bansos BPNT, yakni membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, misalnya beras, telur, minyak goreng, sayur, ikan dll.

Maka dari itu, penyaluran dan BNPT biasanya melalui mekanisme akun elektronik yang sudah bekerja dengan bank penyalur, agar bisa digunakan hanya untuk membeli bahan pangan.

Dalam penerapannya selama beberapa tahun terakhir, penyaluran non tunai dana BPNT mengalami keterlambatan.

Kemensos pun menerapkan kebijakan baru dengan mencairkan bansos BPNT secara tunai melalui Kantor Pos.

Dengan demikian, mekanisme pencairan BPNT di Agustus 2022 ini akan disesuaikan dengan kebijakan Kemensos, apakah secara tunai atau non tunai.

Untuk mengetahui status penerimaan bansos BPNT di bulan Agustus 2022, berikut ini cara cek nama online dengan mengakses situs cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Buka situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Lalu pilih wilayah penerima manfaat sesuai dengan data KTP seperti provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  3. Selanjutnya ketik nama penerima manfaat sesuai dengan data KTP
  4. Kemudian masukkan kode huruf yang tertera di layar
  5. Jika kode huruf tidak jelas, ikuti petunjuk refresh agar menerima kode baru
  6. Tahap terakhir klik ‘Cari Data’agar sistem menampilan data diri penerima bansos BPNT sesuai basis data DTKS Kemensos.

Demikian informasi tanggal cair dan cara cek nama penerima bansos BPNT di bulan Agustus 2022 secara online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul BPNT Agustus 2022 Cair Mulai Tanggal Ini, Cek Nama Penerima Bansos Rp200.000 di cekbansos.kemensos.go.id

Comments


EmoticonEmoticon