TANGGAL CAIR BPNT AGUSTUS! Cek Nama Penerima Bansos Sembako Rp200.000 di Sini

NKRIku.com – Simak cara cek nama penerima bantuan sosial (bansos) untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako di bulan Agustus 2022.

Artikel berikut akan fokus mengulas dua hal yaitu tanggal cair BPNT di Agustus 2022 dan cara cek nama penerima bansos sembako melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Seperti diketahui, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) kembali menyalurkan BPNT yang diperkirakan mulai cair dari tanggal 1 Agustus hingga 31 Agustus 2022 mendatang.

Selama 31 masa pencairan bansos BPNT di bulan Agustus 2022 ini, masyarakat bisa segera cek nama penerima BPNT secara online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Penting diketahui, BPNT merupakan salah satu bansos regular dari Kemensos yang diberikan kepada masyarakat miskin atau rentan miskin.

Tujuan Kemensos memberikan bansos BPNT yakni membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari misalnya beras, telur, minyak goreng, sayur, ikan, dll.

Adapun BPNT atau bansos sembako diberikan dalam bentuk non-tunai atau secara tunai, tergantung dari kebijakan Kemensos.

Awalnya, penyaluran bansos BPNT dilakukan dalam bentuk non tunai, sehingga penyalurannya melalui mekanisme akun elektronik yang sudah bekerja dengan bank penyalur agar bisa ditukarkan dengan bahan pangan melalui e-warong.

Akan tetapi, kenyataannya penyaluran BPNT mengalami keterlambatan karena proses penyalurannya lama.

Untuk mengatasi hal ini, Kemensos memutuskan agar dana BPNT disalurkan secara tunai melalui Kantor Pos, tanpa perlu menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera.

Penting diketahui, Kemensos menargetkan sebanyak 18,8 juta masyarakat menjadi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) penerima bansos BPNT 2022.

Setiap KPM berhak menerima bansos BPNT dalam setahun senilai Rp2,4 juta yang disalurkan setiap bulan Rp200.000.

Akan tetapi, pencairan bantuan ini dilakukan setiap bulan sebesar Rp200.000.

Untuk persyaratan agar bisa menerima BPNT, masyarakat harus terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jika sudah terdaftar di DTKS, selanjutnya bisa langsung cek nama penerima BPNT termasuk yang cair di bulan Agustus 2022 ini.

Berikut ini cara cek nama penerima BPNT online melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

  1. Login situs cekbansos.kemensos.go.id
  2. Setelah itu pilih wilayah penerima manfaat (PM) sesuai dengan data KTP, seperti provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, dan desa
  3. Lalu ketik nama PM sesuai dengan data KTP
  4. Selanjutnya masukkan kode huruf yang muncul di layar
  5. Apabila kode huruf tidak jelas, ikuti petunjuk refresh untuk menerima kode baru
  6. Tahap terakhir klik tombol ‘Cari Data’ untuk memulai pencarian data.

Sistem cekbansos.kemensos.go.id selanjutnya akan menampilan data diri penerima bansos BPNT sembako sesuai dengan basis data DTKS Kemensos.

Demikian informasi mengenai cara cek nama penerima BPNT dan tanggal cair bansos sembako Rp200.000 di bulan Agustus 2022 melalui situs cekbansos.kemensos.go.id***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Tanggal Cair BPNT Bulan Agustus 2022, Nama Penerima Bansos Sembako Rp200.000 Bisa Cek di Sini

Comments


EmoticonEmoticon