INFO RESMI! Cara Cairkan BPNT Oktober 2022 Rp200 Ribu di Kantor Pos, Bawa Dokumen Ini

NKRIku.com – Masyarakat yang mau menerima sembako di Kantor Pos harus mengetahui bagaimana cara mencairkannya.

BPNT 2022 Oktober atau bansos sembako senilai Rp200.000 tengah dicairkan kepada masyarakat berikut ini di Kantor Pos.

Pemerintah berharap, dengan penyaluran BPNT 2022 ini bisa dipergunakan masyarakat untuk membeli segala jenis kebutuhan bahan pangan pokok.

Pencairan BPNT 2022 di bulan Oktober ini merupakan penyaluran tahap 10 hingga akhir bulan nanti.

Setiap bulannya bagi masyarakat yang telah memenuhi syarat akan mendapatkan BPNT 2022 dari pemerintah.

Dalam setahun, total BPNT 2022 yang bisa didapatkan masyarakat sebesar Rp2,4 juta yang dapat dicairkan Rp200.000 per bulannya.

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari peraturan.bpk.go.id, pencairan bansos BPNT 2022 dalam bentuk non-tunai, yakni saldo Rp200.000 akan otomatis masuk ke saldo masing-masing Kartu Sembako masyarakat.

Sehingga bisa dipahami bahwa BPNT 2022 tidak cair dalam bentuk uang tunai.

Perlu menjadi perhatian saat ingin mencairkan BPNT 2022, masyarakat bisa langsung mendatangi Kantor Pos terdekat dengan membawa sejumlah dokumen penting.

Dokumen penting yang wajib dibawa saat pencairan BPNT 2022 di antaranya surat pemberitahuan undangan, KTP, KK, Kartu Sembako, serta sertifikat vaksin Covid-19.

Perlu juga untuk diketahui oleh masyarakat, bahwa BPNT 2022 hanya disalurkan kepada masyarakat yang telah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS Kemensos.

Data yang tercantum di DTKS Kemensos mencakup nama-nama penerima bansos reguler di tahun ini, termasuk BPNT 2022, Kartu Prakerja dan PKH.

Data di DTKS Kemensos merupakan acuan pemerintah dalam penyaluran BPNT 2022 ke masyarakat.

Oleh karena itu, masyarakat wajib untuk daftar DTKS Kemensos terlebih dahulu jika ingin mendapatkan BPNT di tahun ini.

Perlu juga bagi masyarakat untuk memastikan apakah terdaftar sebagai penerima BPNT 2022 dengan cara cek nama penerima bansos sembako ini di link cekbansos.kemensos.go.id.

Jika di link cekbansos.kemensos.go.id bisa ditemukan nama masyarakat penerima, itu menandakan sudah terdaftar sebagai penerima BPNT 2022.

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari cekbansos.kemensos.go.id, simaklah langkah-langkah cek nama penerima BPNT 2022 berikut ini.

  1. Bukalah Google atau browser sejenisnya di HP Anda, kemudian akses secara online link cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Anda perlu memasukkan data wilayah tempat tinggal yang mencakup Provinsi, Kota/Kabupaten, Kecamatan, serta Desa/Kelurahan.
  3. Setelah itu, masukkan juga nama lengkap Anda sesuai dengan yang tertera pada KTP terdaftar di DTKS Kemensos.
  4. Sebelum Anda mengirim data, lakukan verifikasi captcha dengan cara memasukkan kode berupa delapan huruf kecil (dipisahkan spasi).
  5. Apabila kode yang Anda dapatkan kurang jelas, klik ikon ‘reload’ untuk mendapatkan kode baru.

6.Anda harus pastikan kembali seluruh data telah diisi dengan benar dan sesuai, lalu klik ‘CARI DATA’.

Jika data yang Anda masukkan sesuai, sistem menampilkan nama penerima BPNT 2022 lengkap dengan statusnya apakah nama Anda tersebut berhak terima bansos sembako Rp200.000 ini atau tidak.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cara Mencairkan BPNT Oktober 2022 Senilai Rp200.000 di Kantor Pos, Bawa Dokumen Ini

Comments


EmoticonEmoticon