KABAR GEMBIRA! Bansos Sembako Tahap 4 masih Cair! Ini Nominal dan Cara Terima BPNT

NKRIku.com – Kementerian Sosial (Kemensos) tengah melaksanakan penyaluran Bansos berupa Sembako tahap 4 bulan Oktober 2022 sesuai dengan jadwal.

Bansos sembako diberikan kepada penerima dengan besaran Rp 200 Ribu, nominal yang diterima hanya untuk membeli kebutuhan pokok.

Kartu Sembako dari BPNT diberikan kepada penerima yang terdaftar lewat Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS ) Kemensos.

Pada awalnya saat terjadi pandemi Covid-19 BPNT disebut-sebut sebagai bantuan presiden ( Banpres ) dengan 4 tahapan pencairan oleh Bank yang bekerjasama yaitu yang tergabung bank Himpunan Negara ( Himbara ).

Pihak bank yang bekerjasama inilah nantinya mentransfer uang sebagai saldo KKS setiap penerima manfaat.

Untuk masyarakat yang sebelumnya telah mendaftar sebagai penerima BPNT dapat memantau pengecekan secara online lewat laman resmi Kemensos berikut ini:

Untuk mengetahui tahapan pencairan Bansos BPNT dapat dilakukan dengan cara berikut, dikutip dari Kemensos.go.id

Cara Cek Penerima BPNT Rp 200 Ribu

Karena terdaftar di DTKS Kemensos RI menjadi salah syarat mendapatkan bansos BPNT, masyarakat Indonesia cukup cek status terdaftar di DTKS untuk bisa menerima BPNT.

  1. Buka cekbansos.kemensos.go.id. ( Link )
  2. Siapkan Kartu Tanda Penduduk dan data diri calon penerima.
  3. Masukkan alamat provinsi, kabupaten, desa atau kelurahan sesuai dengan data yang tertera di KTP pengguna.
  4. Masukkan nama dari penerima bantuan sosial sesuai dengan nama yang tertera di KTP.
  5. Tuliskan 8 kode yang tertera dalam kotak kode yang muncul.
  6. Klik tombol ‘Cari Data’
  7. Tunggu sampai hasil pencarian muncul.

Proses pencairan BPNT dapat dilakukan di Kantor Pos dengan membawa KTP, Kartu Keluarga, Kartu Sembako, sertifkat vaksin Covid-19, serta surat pemberitahuan undangan.

Hasil pengecekan akan menunjukkan bahwa nama yang dicek merupakan penerima BPNT atau PKH yang juga berhak mendapatkan BLT BBM bulan ini.

Cara mencairkan Bansos BPNT adalah dengan menukarkan saldo yang terdapat pada Kartu berupa ATM khusus di e-warong untuk tahap 4 bulan Oktober 2022.

Cara mencairkannya adalah penerima memberikan kartu tersebut kepada pihak penyalur dalam hal ini toko sembako yang ditunjuk langsung oleh dinas sosial kabupaten/kota atau dengan cara lain yaitu melalui pemerintah desa.

Nantinya Bansos yang diberikan bukan berbentuk uang tunai melainkan berbentuk barang kebutuhan pokok.

Bahan kebutuhan pokok berupa sembako yaitu bisa saja berupa beras, minyak goreng, telur dan daging atau sesuai dengan keinginan lainya misalnya ditukar dengan gula atau kopi.

Syarat jadi penerima BPNT

  • Penerima BPNT merupakan warga negara Indonesia ( WNI ).
  • Penerima BPNT adalah orang yang masuk dalam kategori miskin.
  • Bukan merupakan PNS, TNI dan Polri atau pejabat lainnya yang berpenghasilan tetap.
  • Penerima BPNT tidak pernah menerima Bansos lainnya dari pemerintah termasuk bukan orang yang terdaftar sebagai penerima Kartu Prakerja.

Demikian Informasi mengenai nominal BPNT yang akan diterima oleh setiap penerima Kartu Keluarga Sejahtera ( KKS ) Lengkap dengan cara menjadi penerima Bansos tahun 2022 dari Kemensos. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunPontianak.co.id dengan judul Bansos Sembako Tahap 4 masih Cair! Segini Nominal dan Cara Terima BPNT Oktober 2022!

Comments


EmoticonEmoticon