ASTAGA! 2 Bansos Ini Resmi Dihapus Pemerintah, Cek 8 Bantuan yang Cair November 2022

NKRIku.com – Terdapat dua bantuan sosial atau bansos yang telah dihapus pemerintah, cek daftarnya.

Pengumuman untuk keluarga penerima manfaat atau KPM, ada 2 bansos yang telah resmi dihapus oleh Kementerian Sosial.

Maka dari itu, KPM tidak perlu mengharapkan bantuan tersebut akan cair lagi.

Bantuan yang saat ini resmi dihapus oleh Kemensos yakni BPNT PPKM dan bantuan sosial tunai atau BST.

Pada tahun 2021 bantuan BPNT PPKM ini sempat diberikan kepada para KPM.

Namun, di Tahun 2022 bantuan ini sudah dinyatakan resmi tidak diperpanjang, atau sudah dihapus oleh Kementerian karena mungkin anggarannya sudah habis.

Sehingga bantuan ini tidak dilanjutkan oleh Kementerian.

Begitu juga dengan BST, yang pernah dicairkan melalui Kantor Pos sebesar Rp 600 ribu pada masa pandemi.

BST juga resmi dihentikan oleh pemerintah, karena bantuan tersebut mungkin anggarannya sudah tidak ada lagi, dan untuk yang menanyakan apakah nanti akan berlanjut lagi kita tunggu saja informasi dari Kementerian Sosial.

Jadi intinya untuk KPM BBNT PPKM dan BST, saat ini jangan berharap lagi bantuan tersebut akan dicairkan lagi.

Karena Kemensos sudah resmi menghapusnya.

Namun kabar baiknya, masih ada sejumlah bansos yang tetap berlanjut dan beberapa di antaranya akan cair pada bulan November ini.

Lantas apa saja bansos yang bakal cair November 2022?

  1. BLT Dana Desa

BLT Dana Desa akan dihapus tahun depan. Penghapusan BLT Dana Desa akan dialihkan ke bantuan sosial lainnya. BLT Dana Desa 2023 bakal dihapus jika anggaran untuk penangangan Covid-19 tahun depan sudah tidak ada.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi A Halim Iskandar mengungkapkan, BLT pada 2023 kemungkinan masih dianggarkan, namun bukan untuk penanganan pandemi yang penyalurannya lebih lebih luas, akan tetapi untuk penanganan kemiskinan ekstrem.

  1. BLT nelayan

Nelayan mendapatkan BLT sebesar Rp150 ribu per bulan. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bakal menyalurkan dana BLT sebesar Rp150.000 per bulan kepada para nelayan yang terdampak kenaikan harga BBM.

Kebijakan tersebut diambil setelah Pemprov Jabar bersama stakeholder terkait menggelar Rapat Koordinasi Rencana Penyaluran BBM bagi Nelayan.

  1. BLT ojek online (Ojol)

Pemerintah Kota Medan memastikan berencana menyalurkan dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada penarik becak motor, pengemudi ojek online (ojol) dan sopir angkutan kota (angkot) mulai 5 Oktober 2022 mendatang.

Total ada 17.229 orang penarik betor, pengemudi ojek online dan sopir angkot yang akan menerima BLT sebesar Rp600 ribu per orang.

  1. Bansos PKH

Adapun yang sudah direalisasikan sampai dengan akhir Triwulan III ini sudah disalurkan sebanyak Rp21,3 triliun atau 74,3 persen dari anggaran tersebut.

  1. BPNT

BPNT disalurkan melalui PT Pos Indonesia (Persero). Adapun, besaran bantuan BPNT 2022 sebesar Rp2,4 juta per tahun. Senilai Rp200 ribu per bulan.

  1. BLT BBM

BLT BBM ini dicairkan sebesar Rp12,17 triliun. Masing-masing Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan menerima Rp150 ribu per bulan selama empat bulan yaitu untuk September hingga Desember dan diberikan dua kali secara bertahap dengan nominal Rp300 ribu.

  1. BLT subsidi gaji atau BSU

BLT subsidi gaji atau BSU 2022 tahap 7 akan cair pekan ini. Sebanyak 3,6 juta pekerja akan menerima BSU tahap 7.

Kementerian Ketenegakerjaan melanjutkan penyaluran BSU tahap ke 7 sebesar Rp600 ribu kepada pekerja yang memenuhi syarat sesuai peraturan yang ada.

8 . BLT UMKM

BLT UMKM akan cair Oktober hingga Desember 2022 sebesar Rp600.000. BLT UMKM ini berasal dari anggaran belanja wajib daerah untuk pelindungan sosial.(***)

Artikel ini telah tayang di msn.com dengan judul 2 Bansos Ini Resmi Dihapus Pemerintah, Cek 8 Bantuan yang Cair November 2022

Comments


EmoticonEmoticon