KABAR GEMBIRA! BLT UMKM Cair ke 2.666 Pelaku Usaha, Cek Segera

NKRIku.com – BLT UMKM akan dicairkan kepada 2.660 usaha mikro kecil menengah (UMKM). Pencairan BLT UMKM ini merupakan arahan dari pemerintah imbas dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Sebanyak 2.660 pelaku usaha akan mendapatkan BLT UMKM sebesar Rp150.000 per bulan.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Ruri mengatakan, jumlah UMKM yang menerima BLT bertambah dibandingkan sebelumnya 2.000 UMKM.

“Jumlah UMKM yang menerima BLT bertambah menjadi 2.666 UMKM karena adanya pengurangan bulan dari empat bulan menjadi tiga bulan,” ujarnya di Mukomuko, Selasa (1/11/2022).

Pemerintah setempat mengalokasikan dana sebesar Rp2,6 miliar untuk BLT, namun sebesar Rp1,2 miliar di antaranya untuk BLT bagi UMKM dan Rp1,4 miliar untuk warga miskin.

Dia mengatakan pihaknya dalam waktu dekat ini akan menjemput data UMKM yang diusulkan sebagai calon penerima BLT ke kecamatan di daerah itu.

“Kita minta desa yang mendata UMKM melalui musyawarah desa untuk menentukan orang yang prioritas menerima BLT lalu direkomendasikan oleh camat, setelah itu data tersebut diserahkan kepada dinas untuk dilakukan verifikasi,” ujarnya.

Selanjutnya data penerima BLT dari desa tersebut, katanya, akan disampaikan kepada aparat penegak hukum sebagai pendamping dan pengawas kegiatan BLT di daerah ini.

Kemudian pihaknya bersama dengan instansi terkait dan aparat penegak hukum di daerah ini mengadakan rapat untuk penetapan UMKM sebagai penerima BLT.

Berdasarkan jadwal awal, katanya, pemerintah setempat membagikan BLT kepada UMKM dan warga miskin di daerah ini sekitar tanggal 15 November 2022 dan paling lama dalam bulan ini pembagian BLT tersebut.

Dia mengatakan, pemerintah setempat selain membagikan BLT sekaligus mengadakan pasar murah bekerjasama dengan Bulog dan Bank Indonesia untuk warga yang menerima bantuan langsung tunai dari pemerintah setempat.

“Saat ini kami sedang mengajukan surat permohonan pelaksanaan pasar murah di daerah ini kepada Bulog dan Bank Indonesia,” ujarnya. (***)

Artikel ini telah tayang di economy.okezone.com dengan judul Kabar Gembira! BLT UMKM Cair ke 2.666 Pelaku Usaha

Comments


EmoticonEmoticon