AKAN DITUTUP! Daftar Segera Bansos BPNT 2023, Klik di Sini

NKRIku.com – Tahun baru 2023 tinggal menghitung hari. Kabar gembira, Bantuan Sosial (Bansos) Kementerian Sosial hadir kembali pada tahun 2023.

Salah satu bantuan Kemensos atau Kementerian Sosial yang akan tetap ada adalah BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai.

Tetapi, penerima BPNT diwajibkan terdaftar dalam DTKS yang mana akan segera ditutup.

Apakah itu DTKS? Bagaimana sistem BPNT? Bagaimana cara mendaftar Bansos BPNT 2023? Segera cek di bawah untuk klik tautan yang tersedia.

Dikutip dari berbagai sumber seperti kanal Youtube Diary PKH dan Instagram resmi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, @DKIJakarta oleh ayojakarta.com pada 14 Desember 2022.

Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada awalnya dibuat oleh Presiden Joko Widodo untuk menggantikan program Beras Miskin (Raskin) pada 2016 kepada KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera.

Bantuan Pangan Non Tunai tetap berbentuk saldo, yang digunakan untuk membeli kebutuhan pokok pada tempat yang telah ditunjuk oleh pemerintah setempat.

Pada penyaluran BPNT 2022, masih seperti periode sebelumnya yaitu dengan menggunakan penyalur berupa e-warong atau toko mitra tempat membeli atau melakukan penarikkan uang yang akan digunakan KPM atau Keluarga Penerima Manfaat.

Kemungkinan BPNT 2023 akan memiliki mekanisme serupa kecuali ada kebijakan terbaru dari Pemerintah.

Bantuan Pangan Non Tunai tetap berbentuk saldo, yang digunakan untuk membeli kebutuhan pokok pada tempat yang telah ditunjuk oleh pemerintah setempat.

Maka, BPNT berbeda dengan BLT atau Bantuan Langsung Tunai berupa uang tunai. Tujuan BPNT adalah untuk mencegah krisis pangan pada masyarakat Indonesia.

Akan tetapi, hanya penerima yang terdaftar pada DTKS dan memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS) atau BPJS Kesehatan yang akan menerima BPNT. Pemprov DKI Jakarta pun membatasi pendaftaran pada DTKS yang telah dibuka sejak 15 November 2022 hingga 15 Desember 2022. Lantas, bagaimana cara mendaftar pada DTKS?

DTKS adalah data induk yang berisi data pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial, penerima bantuan dan pemberdayaan sosial, serta potensi dan sumber kesejahteraan sosial.

Pendaftaran DTKS Tahap 4 2022 hanya dibuka hingga 15 Desember 2022. Berikut caranya disertai link:

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs dtks.jakarta.go.id dan membuat akun dan daftarkan beberapa keluarga dapat melalui satu akun. Cukup lengkapi data diri, anggota keluarga, dan informasi rumah tangga ke dalam sistem.

Data yang telah dimasukkan ke dalam sistem yang ada akan diolah, melalui proses validasi dan musyawarah kelurahan hingga masuk dalam sistem DTKS melalui penetapan oleh Kementerian Sosial atau Kemensos

Khusus bagi warga yang mengalami kendala saat mendaftar online, dapat mendatangi pendamsos di kelurahan sesuai domisili dengan membawa fotocopy KTP dan KK.

Pastikan untuk tidak melewatkan cara mendaftar untuk menerima Bansos BPNT yang akan tetap ada hingga 2023. Batas akhir pendaftaran DTKS Tahap 4 adalah 15 Desember 2022.***

Artikel ini telah tayang di ayojakarta.com dengan judul Segera Ditutup! Pendaftaran Bansos BPNT 2023, Klik di Sini!

Comments


EmoticonEmoticon