INFO PENTING! PKH 2023 Batal Cair? KPM Kriteria Ini Terancam Tak Dapat Bansos Lagi!

NKRIku.com – Bansos PKH akan kembali digulirkan pada 2023 mendatang. Namun, ada beberapa Keluarga Penerima Manfaat atau KPM dengan kriteria tertentu yang terancam tak lagi dapat bansos PKH 2023.

Hal itu menjadi kegelisahan masyarakat mengenai bansos PKH 2023 kapan cair dan apakah masih ada.

Program Keluarga Harapan atau PKH merupakan salah satu program bansos unggulan dari Kementerian Sosial. Untuk tahun anggaran 2023, pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp 28,3 triliun untuk dibagikan ke sekitar 10 juta KPM.

Pencairan PKH dibagi ke dalam empat tahap dalam satu tahun. Masing-masing KPM bisa mendapatkan bansos hingga Rp 3 juta.

Namun, perlu diketahui bahwa ada aturan terbaru dalam pencairan PKH 2023. KPM yang tidak memenuhi kualifkasi bisa dicoret dari penerima bansos PKH 2023.

Kriteria KPM Penerima Bansos PKH 2023

Memasuki tahun 2023, pemerintah terus melakukan pemutakhiran data KPM yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial atau DTKS. Sehingga bansos yang diberikan selalu tepat sasaran untuk keluarga miskin yang membutuhkan.

Terdaftar dalam DTKS merupakan syarat utama agar bisa mendapatkan bansos PKH 2023.

Untuk memastikan Anda terdaftar dalam DTKS dan menjadi penerima bansos PKH, maka Anda harus memeriksanya dengan mengikuti panduan di bawah ini.

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id di browser
  2. Masukkan nama provinsi, kabupaten, desa/kelurahan sesuai dengan alamat pada KTP
  3. Tuliskan nama lengkap sesuai KTP
  4. Masukkan kode captcha pada kolom yang tersedia
  5. Klik ‘Cari Data
  6. Tunggulah beberapa saat hingga sistem menunjukkan informasi status Anda apakah terdaftar sebagai KPM atau tidak

Jika Anda sudah terdaftar sebagai KPM namun belum terdaftar sebagai penerima PKH, Anda bisa melakukan pendaftaran PKH secara online.

Apakah terdaftar DTKS saja sudah cukup agar bansos PKH 2023 cair? Belum tentu. Pemerintah akan melakukan validasi para KPM penerima PKH yang terdaftar di DTKS.

Petugas dari Dinas Sosial di kabupaten atau kota domisili KPM akan meninjau langsung kediaman penerima KPM. Jika lolos validasi, maka rumah KPM akan ditempeli stiker berwarna merah yang bertuliskan ‘Keluarga Ini Kurang Mampu Penerima Bansos’.

Proses validasi dan pemutakhiran dilakukan secara rutin. Oleh karenanya, Anda perlu cek penerima bansos PKH 2023 di situs Cek Bansos secara berkala untuk memastikan apakah Anda akan mendapatkan PKH.

Karena, bisa saja Anda dicoret sebagai penerima bansos PKH 2023 jika Anda tidak memenuhi persyaratan sebagai keluarga miskin.

Jadwal Pencairan PKH 2023

Pencairan bansos PKH dibagi ke dalam empat tahap. Masing-masing tahapan memiliki jadwal pencairan tersendiri.

  • PKH 2023 tahap 1 Januari-Maret 2023 akan dicairkan pada Februari-Maret 2023.
  • PKH 2023 tahap 2 April-Juni akan dicairkan pada April-Juni 2023
  • PKH 2023 tahap 3 Juli-September akan dicairkan pada Juli-September 2023
  • PKH 2023 tahap 4 Oktober-Desember akan dicairkan pada Oktober-Desember 2023

Itulah penjelasan lengkap mengenai kriteria penerima PKH 2023. Pastikan Anda selalu memeriksa penerima bansos PKH 2023 secara berkala untuk memastikan Anda mendapatkan bansos tersebut.

Kami sudah membantu menjawab mengenai bansos PKH 2023 kapan cair dan apakah masih ada.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul PKH 2023 Batal Cair? KPM Kriteria Ini Terancam Tak Dapat Bansos Lagi!

Comments


EmoticonEmoticon