KABAR BAHAGIA! Siap-siap, Bansos PKH 2023 Tahap 1 Segera Cair, Cek Infonya Segera

NKRIku.com – Bantuan Sosial (Bansos) yang merupakan program pemerintah untuk membantu ekonomi keluarga kurang mampu.

Pada tahun 2023, Bansos PKH (Program keluarga harapan) bakal dilanjutkan dan telah mendapat anggaran dari pemerintah.

Kabar gembira ini disampaikan Kemensos, bahwa pada buku APBN 2023 beberapa jenis Bansos telah resmi ditetapkan, termasuk PKH berkisar 10 juta KPM (keluarag penerima manfaat).

Berkaca pada tahun sebelumnya, proyeksi pencairan tahap 1 menurut perkiraan bakal cair di awal tahun.

Biasanya pencairan berlangsung antara bulan Januari – Maret 2023.

Meski begitu pencairannya bisa saja berlangsung tidak serentak, karena KPM yang menerima bantuan PKH tersebut adalah dalam jumlah yang besar.

Kemensos menyebutkan bahwasanya program keluarga harapan PKH adalah sebagai sebuah program bantuan sosial bersyarat membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak.

Program keluarga harapan PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosial.

Melalui PKH keluarga penerima manfaat didorong untuk memiliki akses dan memanfaatkan pelayanan sosial dasar kesehatan pendidikan pangan dan gizi perawatan.

Bansos PKH diperkirakan akan cair sebesar Rp.1.500.000 juta sampai Rp.2.100.000 juta.

Kenapa ada perbedaan nominal bantuan yang disalurkan kepada keluarga penerima manfaat? Karena pemerintah membagi 2 kategori penerima.

Kategori pertama KPM akan diberikan uang sebesar Rp.1.500.000 juta, diperuntukkan bagi keluarga yang mempunyai dua anak usia 0 – 6 tahun.

Kategori kedua KPM akan diberikan uang sebesar Rp.2.100.000 juta, diperuntukkan bagi keluarga yang mempunyai dua anak usia 0-6 tahun dan lansia.

Apabila syarat tersebut terpenuhi maka keluarga penerima manfaat berhak mendapat bantuan.

Hal tersebut dilakukan agar rakyat dapat terlindungi dan momentum pemulihan terus berjalan dengan dukungan APBN.

Demikian informasi mengenai Program Keluarga Harapan 2023.

Pantau terus informasi terbaru mengenai bantuan sosial dan bantuan langsung tunai lainnya di Jabarekspres.com, karena informasi terbaru akan selalu dipublikasikan

Dana Bantuan Sosial (Bansos) akan kembali dikucurkan pada tahun 2023 mendatang. Pemerintah memastikan penyaluran bansos tetap dilakukan dan anggarannya pun sudah tersedia.

Informasinya, meski nilainya tidak sebesar tahun sebelumnya, 3 jenis bansos program pemerintah ini akan dicairkan pada awal tahun 2023 atau bulan depan. Sebesar Rp479,1 Triliun akan disalurkan ke beberapa program.

Untuk penyalurannya sendiri sama dengan sebelumnya. Penerima akan mendapatkan undangan dari PT Pos setempat. Undangan tersebut nantinya dipakai sebagai bukti saat pengambilan bantuan tersebut.

Rencananya pemerintah pun akan menambah anggran dan memperluas penerima bantuan ini.

Sementara hingga akhir Desember 2022 ini pemerintah melalui Kementerian Sosial, masih dalam proses mengucurkan semua bantuan sosial.

Adapun 3 jenis bansos tersebut sebagai berikut.

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program Keluarga Harapan, merupakan program bansos untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan melibatkan partisipasi kelompok penerima manfaat dalam menjaga kesehatan dan menyekolahkan anak-anaknya.

Bansos ini non tunai bersyarat. Masyarakat yang mendapatkan bansos tersebut harus memiliki komponen seperti anak balita, anak sekolah (SD, SMP, dan SMA), disabilitas, dan juga lansia didalam Kartu Keluarganya.

Perluasan PKH ditingkatkan dari 2,8 juta KPM (tahun 2014), menjadi 6 juta KPM (tahun 2016), dan diperluas menjadi 10 juta KPM tahun 2018 hingga saat ini.

Nilai bansos yang diterima Keluarga Penerima Manfaat tersebut Beragam. Tergantung dengan jumlah komponen atau tanggungan yang dia miliki.

  1. Bantun Pangan Non Tunai (BPNT)

Perubahan bantuan Rastra (Pra Sejahtera) menjadi BPNT untuk 1,2 juta KPM, yang dimulai pada tahun 2017.

Transformasi tersebut akan diperluas secara bertahap hingga mencapai 15,5 juta KPM pada tahun 2019.

Lalu pada tahun 2021, bantuan tersebut menyasar ke lebih 18 juta Penerima manfaatnya.

Pemerintah memberikan BPNT senilai Rp110.000 per bulan per KPM melalui Kartu Keluarga Sejahtera, untuk dibelanjakan beras dan/atau telur melalui e-warong.

Seiring berjalannya waktu, bantuan pun bertambah nominalnya menjadi Rp200.000 per bulan.

BPNT diharapkan dapat mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan, sebagai upaya pemenuhan gizi.

  1. Bantuan Anak Yatim Piatu

Bantuan yang pertama kali disalurkan pada tahun 2022, menyasar kepada beberapa anak yatim piatu usia sekolah.

Bantuan ini diharapkan dapat mejadi penopang dalam kegiatan mereka. Disamping sebagai bagian dari stimulus untuk prestasi mereka bersekolah.

Bantuan Yatim Piatu (Yapi) ini diberikan sebanyak Rp200.000 per bulan. Dan disalurkan pada Desember ini.

Sementara itu, untuk penyaluran tahap 4 bagi bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH), Bantun Pangan Non Tunai (BPNT), dan Bantuan Langsung Bahan Bakar Minyak (BLT BBM,) masih dalam proses penyaluran. (*)

Artikel ini telah tayang di sumeks.disway.id dengan judul Siap-siap, Bansos PKH 2023 Tahap 1 Segera Cair

Comments


EmoticonEmoticon