KABAR GEMBIRA! Cek Penerima Dana Bansos PKH Desember, Cuma Nama Ini yang Berhak Dapat

NKRIku.com – Dana bansos PKH atau Program Keluarga Harapan di bulan Desember ini masih terus dilanjutkan penyalurannya selama target belum tercapai.

Namun, pihak Kemensos menargetkan untuk penyaluran dana bansos PKH harus rampung di bulan Desember ini sebelum ganti tahun.

Bansos PKH Desember ini merupakan bagian dari penyaluran bansos PKH tahap 4 yang ditujukan khusus bagi masyarakat kurang mampu atau rentan miskin yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM.

PKH Desember 2022 ini, kini disalurkan secara tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin atau RTSM.

Dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari indonesiabaik.id, masyarakat yang berhak untuk mendapatkan PKH Desember 2022 ini adalah sebagai berikut:

  • Ibu hamil/nifas/menyusui
  • Anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD
  • Rumah tangga yang memiliki anak usia SD dan/atau SMP
  • Rumah tangga yang memiliki anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar

PKH Desember 2022 ini dilakukan adalah untuk mengurangi angka dan memutus rantai kemiskinan.

Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, serta mengubah perilaku yang kurang mendukung peningkatan kesejahteraan dari kelompok paling miskin.

Dana bansos PKH Desember 2022 ini hanya bisa diterima oleh masyarakat yang namanya tercantum di situs cekbansos.kemensos.go.id.

Untuk melakukan cek penerima PKH Desember 2022, iktilah petunjuk seperti yang dikutip PikiranRakyat-Depok.com dari cekbansos.kemensos.go.id.

a. Buka saja link cekbansos.kemensos.go.id lewat HP

b. Masukkanlah nama wilayah penerima manfaat, yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten/Kota, kecamatan dan Desa/Kelurahan.

c. Ketiklah nama lengkap sesuai dengan yang tercatat di KTP

d. Silakan untuk mengetik ulang 8 huruf kode yang muncul pada kotak di layar

e. Terakhir, klik ‘Cari Data’

Apabila masyarakat terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat, maka akan muncul informasi terkait nama lengkap, NIK, KTP, jenis bansos yang diterima, serta status penyaluran bantuan tersebut.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul Cek Penerima Dana Bansos PKH Desember 2022, Cuma Nama Ini yang Berhak Mendapatkannya

Comments


EmoticonEmoticon