Benarkah BSU 2023 Cair Lagi? Cek Faktanya di Sini Penerima Bansos Rp600 ribu Jika Cair

NKRIku.com – Baru-baru ini masyarakat Indonesia dihebohkan dengan beredarnya pemberitaan bahwa Bantuan Subsidi Upah akan disalurkan kembali, benarkah BSU 2023 cair lagi? Cek faktanya di sini agar tidak salah paham.

Sejumlah pekerja mulai mempertanyakan BSU 2023 kapan cair setelah beredarnya isu BSU 2023 cair mulai Januari ini.

Namun sebagiannya ada yang masih ragu sebab sempat tersebar isu BSU 2023 tidak ada, karena disebut-sebut hanya disalurkan pada tahun 2022 saja.

Lantas, benarkah BSU 2023 cair lagi? Jika benar cair, apakah syarat dan cara cek penerima-nya masih sama seperti BSU 2022?

Kabar terbaru Bantuan Subsidi Upah atau BSU 2023 memang menjadi perhatian sejumlah masyarakat, terutama para pekerja yang belum sempat mendapatkan pencairan bansos Rp600 ribu dari program BSU 2022.

Tak heran jika pertanyaan BSU 2023 apa cair lagi atau BSU 2023 apakah ada mulai mencuat usai terdapat beberapa pemberitaan yang menyatakan bahwa BSU 2023 Kemnaker akan cair kembali.

Terlebih, dalam penyaluran BSU 2023 ini disebut-sebut akan menyasar kepada sekitar 16 juta pekerja, meningkat dari target penyaluran BSU 2022 yang menyasar sekitar 14 juta penerima.

Terlepas dari pemberitaan itu, bagaimana tanggapan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) soal BSU 2023 cair lagi? Simak penjelasan berikut.

Berdasarkan lansiran Ayobandung dari berbagai sumber termasuk laman resmi Kemnaker, sejauh ini belum ada penegasan bahwa BSU cair lagi tahun 2023.

Sekjen Kemnaker maupun Menaker Ida Fauziah juga hingga kini belum memberikan klarifikasi maupun pembenaran terkait isu pencairan BSU 2023 yang akan hadir kembali mulai Januari ini.

Hal ini sekaligus menegaskan bahwa BSU 2023 tidak cair di tahun ini, sebab pihak Kemnaker masih belum memberikan informasi ada atau tidaknya.

Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga bahwa BSU ini bisa cair kembali di tahun 2023 jika pemerintah merasa bansos 600 ribu ini perlu diberikan kembali.

Namun, jika dilihat kemungkinannya, Bantuan Subsidi Upah ini hadir sebagai penyuntik dana bagi para pekerja yang terkena dampak pandemi Covid-19 yang sempat melanda Indonesia hingga 2 tahun lebih.

Dilihat dari hal itu, besar kemungkinan juga BSU 2023 tidak akan cair, sebab di tahun baru ini pandemi Covid-19 di Indonesia sudah sangat terkendali.

Meskipun demikian, tetap saja ada kemungkinan lainnya yang bisa menjadi pemicu penyaluran kembali BSU 2023, bergantung regulasi dari pemerintah.

Sebagai tambahan, jika BSU 2023 dipastikan akan cair, maka pekerja bisa mengetahui daftar penerima bansos 600 ribu ini dengan cara cek penerima di laman resmi Kemnaker serta bisa juga diketahui dengan mengakses laman resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Untuk cara cek penerima BSU, bisa dilakukan seperti pengecekan dalam program BSU 2022, yakni melalui link https://bsu.kemnaker.go.id/ dan https://bsu.bpjsketenagakerjan.go.id/.***

Aritkel ini telah tayang di ayobandung.com dengan judul Benarkah BSU 2023 Cair Lagi? Cek Faktanya di Sini beserta Cara Cek Penerima Bansos Rp600 ribu Jika Cair

Comments


EmoticonEmoticon