CEK SEGERA! PKH Ibu Hamil Siap Cair, Berapa Besaran Dananya? Simak Infonya Serta Cara Cek Penerima

NKRIku.com – Informasi singkat mengenai apakah PKH ibu hamil sudah cair dan berapa besaran dana yang diterima, serta cara mudah cek nama penerimanya secara online lewat cekbansos.kemensos.go.id, bisa Anda simak selengkapnya disini.

Di awal tahun 2023, Pemerintah yang bekerjasama dengan Kemensos kabarnya telah mulai menyalurkan program bansos PKH tahap 1 kepada beberapa golongan masyarakat penerimanya.

Beberapa program bansos yang diperkirakan masih akan cair pada tahun 2023 antara lain seperti PKH, BPNT Kartu Sembako, hingga PBI JK, serta bansos lokal seperti KJP Plus, KAJ, KPDJ, dan masih banyak lagi bantuan sosial lainnya.

Demi mengurangi tingkat kemiskinan di Indonesia, serta mencegah angka kenaikan stunting pada anak, Pemerintah yang bekerjasama dengan Kemensos mulai kembali menyalurkan bansos PKH tahap 1 ini di bulan Januari 2023.

Selain itu, beberapa program bansos yang masih akan disalurkan pada tahun ini, memiliki tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia, mulai di bidang pendidikan, kesehatan, hingga kesejahteraan sosial.

Untuk menjadi penerima program bansos dari Pemerintah dan Kemensos, masyarakat sebelumnya harus terdaftar atau mendaftarkan dirinya di program DTKS Kemensos.

Lantas, bagaimana cara daftar DTKS Kemensos secara mudah? Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan HP yang terkoneksi internet stabil, lalu buka aplikasi Play store di HP Anda.
  2. Unduh “Aplikasi Cek Bansos”.
  3. Selajutnya, klik login jika Anda sudah memiliki Akun, dan jika belum klik “Buat Akun Baru”.
  4. Lengkapi data diri yang diperlukan dalam proses pendaftaran.
  5. Masukkan nomor Kartu Keluarga (KK), dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai dengan KTP Anda.
  6. Masukkan alamat lengkap sesuai KTP, termasuk nama provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan kelurahan/desa.
  7. Unggah foto KTP dan swafoto sambil memegang KTP.
  8. Klik “Buat Akun Baru”.

Setelah pembuatan akun DTKS Kemensos Anda telah selesai diproses, silahkan dilanjut dengan memilih menu ‘Daftar Usulan’.

Kemudian Pilih “Tambah Usulan”, yang mana nantinya akan memunculkan nama, NIK, KTP, dan status kesesuaian Dukcapil, dan kesesuaian wilayah masing-masing.

Setelah melakukan pendaftaran DTKS Kemensos, yang mana terdapat beragam bansos dari Pemerintah, di bawah ini adalah 7 golongan masyarakat yang layak mendapatkan bantuan sosial PKH tahap 1:

  1. Kategori Ibu Hamil : Rp2,4 juta.
  2. Kategori Anak Usia Dini 0-6 Tahun : Rp2,4 juta.
  3. Kategori Pendidikan Anak SD/Sederajat : Rp900 ribu.
  4. Kategori Pendidikan Anak SMP/Sederajat : Rp1,5 juta.
  5. Kategori Pendidikan Anak SMA/Sederajat : Rp2 juta.
  6. Kategori Penyandang Disabilitas berat : Rp2,4 juta.
  7. Kategori Lanjut Usia : Rp2,4 juta.

Untuk diketahui bersama, pada tahun 2022 program bansos PKH dibagi menjadi empat tahapan, yang mana tahapan pertama dimulai pada bulan Januari, dan tahapan keempat berakhir pada akhir tahun 2022.

Demikian, informasi singkat tentang apakah PKH ibu hamil sudah cair dan berapa besaran dana yang diterima, serta cara mudah cek nama penerimanya secara online lewat cekbansos.kemensos.go.id.***

Artikel ini telah tayang di depok.pikiran-rakyat.com dengan judul PKH Ibu Hamil Siap Cair, Berapa Besaran Dananya? Simak Penjelasannya Serta Cara Cek Penerima

Comments


EmoticonEmoticon