CEK SEKARANG! BPNT Tahap 1 2023 Cair Kapan? Ini Jadwal Lengkap serta Cara Daftarnya Disini!

NKRIku.com – Artikel ini menyajikan informasi terkait bantuan sosial (bansos) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) mulai dari jadwal pelaksanaannya hingga cara pendaftarannya, simak baik-baik!

Dikaubarakan masyarakat yang sudah terdaftar sebagaii penerima bansos di Kemensos tahun 2023 ini bakal kembali menerima bansos BPNT senilai Rp 200.000 yang akan disalurkan setiap bulannya.

Tentunya tidak semua masyarakat yang berhak menerima bansos BPNT ini, hanya yang sudah terdaftar di Kemensos sebagai penerima bansos sajalah yang berhak menerimnya.

Lantas bagaimana cara untuk dapat terdaftar sebagai penerima bansos di Kemensos? simak ulasan berikut ini!

Bansos BPNT 2023 dianggarkan oleh pemerintah pada setiap bulannya sebesar Rp 200 ribu, namun pelaksanaannya akan dilakukan setiap tiga bulan sekali, sehingga masyarakat langsung menerima uang sejumlah Rp 600 ribu.

Berkaca dari pelaksanaan di periode sebelumnya, masyarakat yang menerima bansos BPNT ini bakal diberi undangan dari pihak RT/RW kelurahan setempat, undangan tersebut digunakan untuk mengambil bantuan di Kantor Pos terdekat sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

Saat mengambil bantuan tersebut di Kantor para penerima wajib membawa KTP dan KK asli, selain itu pengambilan dana tersebut tidak boleh diwakilkan, harus bersangkutan sendiri yang mengambilnya.

Pemerintah telah mengumumkan akan meneruskan program bansos BPNT di tahun 2023, namun hingga kini belum ada pegumuman secara jelas terkait kapan pencairan bansos tersebut dilakukan.

Sembari menunggu pengumuman lebih lanjut, bagi masyarakat yang belum terdaftar sebagai penerima bansos BPNT ini dapat melakukan pendaftar dengan cara berikut ini:

  1. Dwonload aplikasi Cek Bansos di Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut dan siapkan KT dan KK untuk mengisi formulir pendaftaran.
  3. Registrasi dengan klik ‘Buat Akun Baru’.
  4. Isi data data diri seperti Nomor KK, NIK dan Nama Lengkap.
  5. Masukkan alamat domisili sesuai KTP.
  6. Tulis email dan nomor HP yang selalu aktif
  7. Buatlah username dan password.
  8. Upload foto KTP dan swafoto yang memegang KTP.
  9. Klik ‘Buat Akun Baru’.

10.Tunggu email verifikasi dan aktivasi dari Kemensos dan pastikan kedua email tersebut masuk untuk mengaktivasi akun.

11.Login di aplikasi Cek Bansos dengan memasukkan username dan password.

  1. Pilih menu ‘daftar usulan’ dan klik ‘Tambah Usulan’.

Dengan begitu proses pendaftaran BPNT telah berakhir, calon peserta tinggal menunggu data diproses oleh Kemensos.

Setelah itu anda dapat melakukan pengecekan secara berkala di aplikasi Cek Bansos dengan menggunakan fitur ‘Profil’ atau ‘Cek Bansos’.

Jika dinyatakan lolos, Anda dapat langsung mengambil dana BPNT di kantor pos setiap tiga bulan sekali dengan nominal sebesar Rp 600 ribu.

Untuk melakukan proses pencairan bansos BPNT di Kantor Pos kamu tinggal tunjukkan undangan dari Kemensos serta KK dan KTP.***

Artikel ini telah tayang di ayobandung.com dengan judul Bansos BPNT Tahap 1 2023 Cair Kapan? Simak Jadwal Lengkap serta Cara Pendaftarannya Disini!

Comments


EmoticonEmoticon