KABAR BAIK! Dapati Perangkat Desa Atau Orang Mampu Terima PKH, Segera Laporkan Kesini

NKRIku.com – Program Keluarga Harapan (PHK) yang merupakan program bantuan sosial bagi keluarga miskin dari Kementerian Sosial, namun program tersebut kerap berpolemik terkait penerima PKH.

Salah satu polemik yang kerap ditemukan adalah adanya penerima PKH yang sudah tidak berstatus sebagai keluarga miskin atau sudah menjadi perangkat desa.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Bengkulu Tengah, Martinih menjelaskan, saat ini pihaknya sedang gencar melakukan verifikasi penerima bantuan PKH untuk tahun 2023.

“Kita mulai dari tanggal 15 hingga 26 Januari ini masih melakukan evaluasi dan pengusulan kembali nama-nama keluarga penerima PKH, yang dilakukan oleh operator SIKS NG setiap desa dan setiap bulan,” ujar Martinih, Sabtu (21/1/2023).

Proses tersebut dilakukan untuk meminimalisir adanya penerima bantuan PKH diluar dari kriteria penerima.

“Meskipun kita terus melakukan verifikasi daftar penerima PKH, terkadang masih ada juga yang lolos, sehingga kami membutuhkan bantuan masyarakat untuk melaporkan ke kami,” katanya.

Jika masyarakat menemukan ada keluarga yang tidak lagi tergolong miskin namun masih menerima bantuan sosial, bisa langsung melaporkan hal tersebut ke operator SIKS NG desa atau Kabupaten.

“Kadang dia sudah tidak tergolong miskin lagi, rumah besar, ada mobil, atau ditarik menjadi perangkat desa, tetapi tidak mau mencabut bantuan PKH-nya, nah yang seperti ini yang harus dilaporkan,” ungkap Martinih.

Namun untuk membuat laporan, dikatakan Martini, si pelapor harus menyertakan sejumlah bukti agar laporan tersebut bisa ditindaklanjuti.

“Kalau mau melaporkan, harus ada KTP dan KK si terlapor, kemudian foto rumahnya, misalkan sedang ada mobil terparkir bisa juga difoto,” ungkapnya.

Martinih pun berharap, dengan berbagai upaya dalam melakukan pendataan dan verifikasi terkait penerima PKH, kedepan yang menerima memang betul-betul masyarakat membutuhkan.

“Kita harap yang sudah tidak tergolong miskin lagi tetapi masih menerima PKH ya mohon sadar diri, sehingga bantuan dari pemerintah bisa dirasakan oleh masyarakat yang lebih membutuhkan,” kata Martinih.

Artikel ini telah tayang di Tribunbengkulu.com dengan judul Temukan Ada Perangkat Desa Atau Orang Mampu Masih Terima PKH, Segera Laporkan Kesini

Comments


EmoticonEmoticon