PENTING! BLT BBM 2023 Apakah Masih Ada? Januari Bakal Cair, Ambil di Kantor Pos Tanpa Surat Undangan

NKRIku.com – Bansos BLT BBM 2023 apakah masih ada? Januari ini bakal cair silahkan ambil di Kantor Pos tanpa surat undangan.

Kelanjutan BLT BBM di tahun 2023 masih sangat diharapkan oleh masyarakat Indonesia. BLT BBM 2023 apakah masih ada? Kapan cair bulan Januari 2023?

Pertanyaan BLT BBM 2023 apakah masih ada memang banyak sekali ditanyakan oleh masyarakat. Hal ini mengingat para penerimanya berhak mendapatkan bansos Rp 600 ribu setiap kali pencairan dua bulan sekali.

Di tahun 2023 ini ada beberapa bansos yang disetop, namun ada pula bansos yang dilanjutkan penyalurannya. Lantas, apakah BLT BBM dilanjutkan di tahun 2023 ini? Kapan cair Januari bulan ini?

Pencairan BLT BBM 2023

Pencairan BLT BBM masih dilakukan hingga bulan Januari 2023. Anda bisa langsung mendatangi Kantor Pos tanpa perlu menunggu surat undangan.

Hanya saja, pencairan BLT BBM ini berlaku untuk penerima BLT BBM 2022 tahap 2. Setelah ditelusuri ternyata masih ada banyak penerima BLT BBM periode 2022 belum mengambil bantuan.

Ada banyak alasan penerima belum sempat mengambil bansos, mulai dari sedang diluar kota hingga alamat penerima tidak ditemukan.

Selain itu, Kantor Pos juga mendapatkan data susulan penerima BLT BBM. Seluruh proses pencairan baik data susulan dan penerima yang belum sempat mencairkan dilakukan di bulan Januari 2023 ini.

Bagaimana dengan nasib penerima BLT BBM yang sudah mengambil bansos periode tahap 2 2022? Tunggu dulu, Anda harus memperpanjang kesabaran Anda.

Jika Anda sudah mengambil BLT BBM 2022 maka Anda tidak bisa mendapatkan bansos tersebut lagi di tahun 2023.

Mengenai kelanjutan bansos BLT BBM 2023, pemerintah belum berencana melanjutkan program tersebut. Hingga saat ini pemerintah pusat masih melakukan evaluasi terkait penyaluran BLT BBM.

Cek Bansos BLT BBM 2023

Sebelum mendatangi Kantor Pos, pastikan dulu Anda terdaftar sebagai penerima BLT BBM. Anda bisa mengikuti panduan cara cek penerima BLT BBM di bawah ini.

  1. Masuk ke laman cekbansos.kemensos.go.id melalui browser
  2. Tulis alamat sesuai KTP, mulai dari provinsi, kabupaten atau kota, kecamatan, desa atau kelurahan
  3. Tulis nama lengkap sesuai KTP
  4. Tulis kode unik di kolom tersedia
  5. Klik tombol ‘Cari Data’

Anda hanya perlu menunggu beberapa saat. lamanya sistem memunculkan informasi tergantung pada stabilitas internet yang Anda gunakan.

Nantinya, situs Cek Bansos akan menampilkan notifikasi berisi status penerima BLT BBM 2023.

Cara Mencairkan BLT BBM 2023

Setelah memastikan Anda sebagai penerima BLT BBM, Anda bisa langsung mendatangi Kantor Pos terdekat secepatnya di bulan Januari 2023 ini. Jika lewat dari bulan ini, maka dana bansos akan hangus dan dikembalikan ke kas negara.

Syarat yang harus dibawa saat mencairkan BLT BBM adalah KTP dan KK. Anda tidak perlu membawa surat undangan untuk mencairkan, cukup langsung datang ke Kantor Pos dengan KTP dan KK saja.

Petugas Kantor Pos akan melakukan verifikasi dan validasi data, jika Anda terbukti sebagai penerima BLT BBM yang belum mencairkan dana bansos maka petugas akan memberikan uang Rp 600 ribu tunai tanpa potongan apapun.

Demikianlah penjelasan untuk menjawab rasa penasaran Anda terkait BLT BBM 2023 apakah masih ada cair bulan Januari 2023.***

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul BLT BBM 2023 Apakah Masih Ada? Januari Bakal Cair, Ambil di Kantor Pos Tanpa Surat Undangan

Comments


EmoticonEmoticon