AKHIRNYA! BSU BLT Ketenagakerjaan Februari 2023 Cair, Terjawab Bulan Ini?

NKRIku.com – Kabar soal BSU BLT Ketenagakerjaan Februari 2023 terbaru masih membuat penasaran publik.

Bagaimana tidak, program BSU BSU BLT Ketenagakerjaan yang pencairan masih dilanjut tahun lalu memberikan banyak bantuan untuk masyarakat maka tak heran BSU BLT Ketenagakerjaan apakah cair Februari 2023 menjadi kabar yang masih dicari tahu masyarakat.

Untuk anda yang ingin mengetahui lebih jelas apakah BSU BLT Ketenagakerjaan dilanjut Februari 2023 dapat terjawab melalui sejumlah jawaban yang telah diberikan pihak berwenang kepada publik.

Jawaban dari pihak berwenang ini sudah cukup jelas mengenai apakah BSU BLT Ketenagakerjaan akan cair Februari 2023.

Jawan pertama soal keberlanjutan BSU BLT Ketenagakerjaan datang dari akun Instagram Kemnaker. Dijelaskan pada tahun 2022 penyaluran BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan sebesar Rp 600 ribu ini rencananya disalurkan pada 14,6 juta pekerja atau buruh.

Namun, hingga tahun 2023 ini penyaluran BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tidak mencapai target yang telah ditetapkan, sehingga banyak peserta yang bertanya-tanya mengenai penyalurannya.

Kementerian Ketenagakerjaan kemudian buka suara mengenai pencairan bantuan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan pada tahun 2023 ini.

Melalui akun Instagram resmi milik @kemnaker disebutkan jika pada bulan Desember tahun 2022 penyaluran BSU mencapai 12.111.906 penerima. Sehingga masih ada kurang lebih 2 juta pekerja yang belum menerima dana bantuan BSU tersebut.

Namun kemudian Kemnaker memberikan kabar bahwa BSU belum akan diadakan kembali

“Oh iya Minaker mau tegaskan kembali nih, kalau BSU 2023 belum diadakan kembali ya Remnaker,” tulis akun @kemnaker pada 11 Januari 2023.

Selanjutnya pada laman resmi BSU Kemnaker tertera informasi berikut untuk anda yang ingin tahu apakah BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan cair Februari 2023:

“Mohon dapat berhati-hati terhadap informasi terkait Bantuan Subsidi Upah diluar web resmi Kementerian Ketenagakerjaan. Informasi resmi tentang Bantuan Subsidi Upah hanya ada di web bsu.kemnaker.go.id” tulisnya

“Pengecekan secara resmi hanya dapat dilakukan melalui siapkerja.kemnaker.go.id dan hanya dapat diakses oleh yang bersangkutan” tulisnya lagi.

Namun begitu, website resmi BSU dari Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan sendiri belum mengumumkan penutupan bantuan BSU BLT Ketenagakerjaan.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto juga telah menjawab mengenai kemungkinan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023 akan cair. Mewakili Pemerintah, dia mengatakan bahwa belum ada lagi rencana perpanjangan BSU BLT Ketenagakerjaan tahun ini.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku optimis Indonesia dapat bertahan karena pertumbuhan ekonomi yang masih di atas 5 persen, meskipun kini ada ancaman resesi.

Oleh sebab itu, Airlangga menyatakan belum ada rencana pemerintah bakal melanjutkan penyaluran BSU sebesar Rp600.000 per orang pada tahun 2023.

Selain, Airlangga pejabat lainnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani juga ikut bicara soala kepastian pencairan BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023 masih simpang siur bahkan digadang-gadang bakal dihapuskan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan masih akan ada sejumlah bantuan sosial (bansos) pada tahun 2023 ini. Meski demikian ada pula bansos yang bakal dihapus pemerintah.

Bansos yang dihapus tersebut terdiri dari bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng, BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan, dan Program Bantuan Tunai Pedagang Kaki Lima dan Warung (BT-PKLW).

“Tahun lalu ada bantuan minyak goreng, bantuan subsidi upah, bantuan pedagang kaki lima itu nanti diredesain tergantung kementerian-kementerian dan lembaga,” kata Sri Mulyani aat meninjau Program Penanganan Kemiskinan Terpadu di Malang, yang disiarkan secara langsung melalui akun YouTube Kementerian Keuangan, Jumat (20/1/2023).

Sri Mulyani menyebut manfaat bansos yang dihapus itu sudah tidak relevan lagi dengan permasalahan yang ada di tahun ini. Seperti meredanya pandemi COVID-19 hingga mulai turunnya harga jual minyak goreng di pasaran.

“Tahun 2022 kemarin situasinya memang masih pandemi yang banyak dan ada guncangan-guncangan seperti harga minyak goreng naik. Jadi ada beberapa anggaran 2022 yang tidak diteruskan,” ucap Sri Mulyani.

Guna meyakinkah diri Anda, silahkan cek BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan tahun 2023 dengan cara di bawah ini:

  1. Buka laman kemnaker.go.id
  2. Daftar akun dengan melengkapi pendaftaran akun. Aktivasi akun dengan menggunakan kode OTP yang dikirim ke nomor HP Anda.
  3. Login kedalam akun Anda.
  4. Lengkapi profil biodata diri, meliputi foto profil, status pernikahan dan tipe lokasi.
  5. Cek Notifikasi yang Anda terima. Notifikasi yang muncul akan menunjukkan status dana Subsidi Upah BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk jika dana tersebut sudah ditransfer ke rekening Anda.

Diketahui BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan terakhir kali cair pada Desember 2022, setelah itu tak ada lagi kabar bahwa BSU akan cair lagi.

BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan diberikan melalui Kementerian Ketenagakerjaan diberikan khusus bagi para pekerja atau buruh di Indonesia.

BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan diperuntukkan bagi pekerja atau buruh penerima upah (formal) yang terdaftar sebagai peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan sampai dengan bulan Juli 2022.

Demikian BSU BLT Ketenagakerjaan Februari 2023 terbaru masih membuat penasaran publik.

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Akhirnya! BSU BLT Ketenagakerjaan Februari 2023 Kepastian Pencairan Terjawab Cair Bulan Ini?

Comments


EmoticonEmoticon