KABAR BAHAGIA! PKH Tahap 1 Cair Hari Ini? Begini Cara Cek Nama Penerima BLT Balita 2023

NKRIku.com – Bantuan Sosial Kementrian Sosial (bansos Kemensos) 2023 memiliki beberapa jenis, salah satunya Program Keluarga Hrapan (PKH) dengan bentuk Bantuan Langsung Tunai (BLT).

Ada tujuh kategori penerima program bantuan tersebut salah satunya Bayi di Bawah lima tahun (Balita).

Peneriman BLT Balita harus berasal dari keluarga miskin atau prasejahterah atau rentan terhadap resiko sosial.

Besaran yang akan diterima dalam program ini adalah Rp750 ribu. Berdasarkan jadwal pencairan, seharusnya PKH tahap 1 sudah dapat disalurkan pada bulan Januari-Maret 2023.

Namun masyarakat bertanya-tanya kapan BLT Balita akan cair.

Karena banyak masyarakat yang belum mendapatkan program tersebut. Untuk memastikan nama penerima manfaat, dapat dilakukan pengecekan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id atau melalui aplikasi cek kemensos yang dapat diinstal pada smartphone atau Handphone (Hp).

Masyarakat yang memiliki anak usia 0-6 tahun dapat melakukan cek nama penerima BLT Balita 2023 secara online, bahkan bisa menggunakan Hp. Periksa apakan nama anda terdaftar dalam Data Terpadau Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Pada laman kemensos.go.id akan muncul nama, jenis bansos dan periode pencairannya. Bansos BLT Balita ini berlaku untuk maksimal dua anak dalam satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Penerima manfaat BLT Balita akan mendapat bantuan sebesar Rp3 juta pertahun dengan indeks penyaluran Rp750 ribu per tiga bulan.

BLT ini disalurkan melalui empat tahap dalam satu tahun. Yakni tahap 1 pada Januari-Maret, tahap 2 pada April-Juni, tahap 3 pada Juli-September, tahap 4 pada Oktober-Desember.

Namun untuk saat ini Pemerintah melalui Mentri Sosial belum mengumumkan kapan BLT Balita akan cair.

Tapi untuk memastikan apakah nama anda terdaftar bisa melakun pemeriksaan melalui laman cekbansos.kemensos.go.id, dengan cara berikut:

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Isi nama wilayah; provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, desa.
  3. Isi nama lengkap sesuai KTP.
  4. Tulis huruf atau angka yang ada pada kotak.
  5. Jika huruf atau kode kurang jelas klik gambar lingkaran dalam kotak biru untuk mendapatkan kode baru.
  6. Klik tombol cari data.

Jika terdaftar, akan muncul tabel dengan nama KPM dan jenis bansos yang diterima. Tapi jika tidak terdaftar akan muncul tulisan tidak terdapat peserta/pm.

Kemensos memang selalu memperbarui daftar penerima manfaat secara berkala, agar bantuan yang diberikan tepat sasaran.

Maka jangan heran bila nama anda sudah tidak terdaftar. Artinya anda sudah tidak berhak menerima bantuan tersebut.***

Artikel ini telah tayang di kabarpriangan.pikiran-rakyat.com dengan judul PKH Tahap 1 Cair Hari Ini? Begini Cara Cek Nama Penerima BLT Balita 2023

Comments


EmoticonEmoticon