MANTAP! Warga Jatim Ini Rasakan Manfaat Bansos PENA, Siap Graduasi dari PKH

NKRIku.com – Seorang warga Batu, Jawa Timur sukses mengembangkan usahanya setelah mendapatkan bantuan dari Kemensos yakni PENA.

Kemensos terus mengajak masyarakat terutama KPM PKH untuk mandiri dan menjadi pengusaha baru, seperti salah satunya adalah Sumadi.

Pria asal Kota Batu Jawa Timur itu menjadi salah satu penerima manfaat bansos Program Pahlawan Ekonomi Nusantara (PENA) dan mampu menembangkan usaha miliknya.

Dilansir dari kanal Youtube Kemensos RI, Sumadi jadi salah satu dari sekian banyak masyarakat yang menerima manfaat bansos PENA.

Sebelumnya Sumadi merupakan salah satu Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH dimana selama mendapatkan bantuan tersebut, ia merintis usaha kuliner marie wijen yang digeluti bersama sang istri.

“Saya punya usaha marie wijen. Biasanya dulu paling-paling dapat cuma Rp1-1,5 jutaan, sekarang bisa dapat 2-3 juta sekali kirim,” katanya.

“Usaha Marie Wijen saya sudah dipasarkan sampai Kota Gresik dan sebagian Lamongan,” sambung Sumadi.

Dirinya bersyukur lewat bantuan PENA usahanya merangkak naik berkat mendapatkan bantuan modal dan alat dari PENA yang disalurkan Kemensos RI.

“Dengan mendapat bantuan usaha ini saya mau meningkatkan pendapatan keluarga dan tidak bergantung lagi pada bantuan sosial dan bantuan orang lain,” ujarnya.

Dirinya pun mengaku siap melepas status sebagai penerima KPM PKH.

“Saya siap graduasi dari PKH” sambungnya.

PENA sendiri merupakan program bantuan yang belum ala mini diluncurkan oleh Kemensos yang diperuntukan untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat penerima bantuan sosial agar dapat mengembangkan usaha yang dimilikinya.

Program ini berfokus pada pemberdayaan ibu rumah tangga dari keluarga pra-sejahtera.

Penerima bantuan program PENA sendiri merupakan peserta aktif dan non-aktif dari PKH-BPNT yang sebelumnya sudah didata dan memiliki usaha rintisan yang ditekuninya.

Untuk besaran nominal bansos PENA ini, masyarakat bisa menerima sekitar Rp6 juta per orang

Program bantuan PENA ini diharapkan dapat membantu KPM untuk keluar dari garis kemiskinan dan dapat lebih mandiri juga sejahtera dengan usaha sendiri tanpa selalu bergantung dengan bansos seperti PKH.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Mantap! Warga Jatim Ini Rasakan Manfaat Bansos PENA, Siap Graduasi dari PKH

Comments


EmoticonEmoticon