RESMI! Mensos Umumkan BPNT 2023 Tidak Cair di Kantor Pos, Lalu Cair Berupa Apa?

NKRIku.com – Menteri Sosial Tri Rismaharini mengumumkan bansos 2023 tidak cair melalui Kantor Pos. Lalu bagaimana nasib penerima PKH dan BPNT? Bantuan sosial cair berupa apa?

Dalam rapat kerja dengan anggota DPR RI komisi VIII beberapa waktu lalu, Risma dan para anggota dewan sepakat bahwa penyaluran bansos 2023 melalui Kantor Pos lebih baik. Karena lebih mudah dalam pengawasan penyalurannya.

Namun, ternyata penyaluran bansos lewat Kantor Pos memerlukan biaya yang tidak sedikit. Sementara, Risma mengaku Kemensos sudah tidak memiliki anggaran yang cukup untuk membayar Kantor Pos.

“Kami tidak ada anggaran untuk PT Pos Indonesia,” kata Risma dikutip dari kanal YouTube Diary Bansos pada 17 Februari 2023.

Risma menjelaskan, Kemensos hanya memiliki anggaran membayar PT Pos Indonesia untuk wilayah tertentu saja, seperti untuk penyaluran di atas gunung, hutan, daerah terpencil dan perbatasan.

“Jadi untuk daerah terpencil, di atas gunung, di hutan pakai, daerah perbatasan kita ada anggarannya (pakai jasa PT Pos Indonesia). Kalau untuk (wilayah) yang lain enggak ada anggarannya,” ungkap Risma.

Dengan adanya pernyataan resmi dari Risma tersebut, maka sudah jelas bahwa pencairan bansos 2023 berupa PKH dan BPNT tidak cair melalui Kantor Pos.

Lantas PKH dan BPNT 2023 cair berupa apa jika bukan melalui Kantor Pos? Kemensos belum memberikan pengumuman resmi mengenai opsi penyaluran bantuan sosial di tahap 1 ini.

Saat ini Kemensos sedang fokus mempersiapkan data untuk Uji Petik yang dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK.

Uji Petik ini dilakukan untuk mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian atau WTP tahun anggaran 2022. Agenda ini dilakukan mulai tanggal 12 hingga 21 Februari 2023.

Setelah agenda tersebut selesai, Kemensos akan mengumumkan kapan jadwal penciran resmi bansos 2023, termasuk PKH dan BPNT cair berupa uang atau sembako.

Para penerima bansos 2023 diminta untuk bersabar dan menunggu update informasi terkini seputar pencairan dana bantuan sosial melalui situs resmi pemerintah atau portal berita terpercaya seperti AyoBogorcom.

Pastikan Anda masih terdaftar sebagai penerima bansos 2023 dengan cara cek di situs cekbansos.kemensos.go.id kemudian memasukkan data diri sesuai KTP, mulai dari alamat hingga nama lengkap.

Dari situs tersebut akan muncul notifikasi apakah Anda masih terdaftar sebagai penerima bansos atau tidak.

Jika nama Anda dicoret dari daftar nama penerima bansos, maka Anda bisa mengajukan protes melalui fitur Sanggah di aplikasi Cek Bansos.

Demikianlah informasi mengenai pengumuman Kemensos resmi bansos 2023 tidak cair lewat kantor Pos hingga kemungkinan BPNT 2023 cair berupa uang atau sembako.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Resmi! Mensos Umumkan BPNT 2023 Tidak Cair di Kantor Pos, Lalu Cair Berupa Apa?

Comments


EmoticonEmoticon