KABAR BAHAGIA! Bulan Maret 2023 Pemilik KIS Bisa Dapat PKH dan BPNT, Begini Info Terbarunya

NKRIku.com – Kabar gembira untuk masyarakat pemilik KIS BPJS Kesehatan bisa mendapatkan bantuan sosial PKH dan BPNT sembako pada Maret 2023.

Bansos PKH dan BPNT Sembako 2023 menjadi program prioritas pemerintah untuk disalurkan kembali kepada masyarakat Indonesia dengan kategori dan kriteria tertentu.

Program Keluarga Harapan merupakan bantuan sosial bersyarat, di mana PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (fasdik) yang tersedia di sekitar mereka.

Manfaat PKH juga mulai didorong untuk mencakup penyandang disabilitas dan lanjut usia dengan mempertahankan taraf kesejahteraan sosialnya.

Sedangkan BPNT 2023 merupakan bantuan pangan non tunai yang cair setiap bulannya dengan besaran Rp200 ribu dan jika dirinci selama bulan cair sebesar Rp2,4 juta.

Program bantuan PKH 2023 akan cair bagi 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sedangkan BPNT atau Kartu Sembako untuk 18,8 juta KPM.

Selain itu, pemilik Kartu Indonesia Sehat atau KIS BPJS Kesehatan bisa dapat Bantuan Sosial (Bansos) PKH dan BPNT 2023 dari Kementerian Sosial atau Kemensos.

Namun, masyarakat yang punya kesempatan menerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) 2023 tersebut adalah tipe peserta KIS Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan atau PBI JK.

Penerima Bantuan Iuran (PBI) adalah peserta Jaminan Kesehatan bagi fakir miskin dan orang tidak mampu. Peserta PBI sendiri adalah yang ditetapkan oleh pemerintah dan diatur melalui Peraturan Pemerintah.

Pemegang Kartu KIS peserta PBI sendiri adalah warga masyarakat yang dikategorikan warga miskin atau kurang mampu, mereka secara otomatis akan menjadi peserta BPJS PBI jika sudah terdata di Dinas Sosial.

Jika masyarakat ingin mendapatkan Bansos PKH dan BPNT pada 2023, tentunya harus mengetahui status kepesertaan KIS.

Berikut cara cek status keaktifan kepesertaan JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN:

• Buka Aplikasi Mobile JKN
• Login menggunakan NIK/nomor kartu dan Password
• Masukan captcha pada kolom telah disediakan sesuai dengan yang tertera di Aplikasi. Klik Login
• Pilih menu peserta
• Halaman akan menampilkan informasi Status keaktifan kepesertaan JKN-KIS dan data identitas.

Baru-baru ini, dikabarkan bahwa bansos PKH dan BPNT 2023 seharusnya sudah cair pada Februari.

Namun, pencairannya harus diundur karena ada agenda survei yang perlu diselesaikan.
Keterangan tersebut disampaikan oleh Plt Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos, Robben Rico dalam salah satu unggahan Kanal YouTube Pendamping Sosial.

“Seharusnya minggu ketiga atau keempat ini pencairan bansos 2023, tapi saya sudah laporan ke bu Menteri untuk diundur sedikit. Hal ini karena Kemensos sedang memiliki agenda survei di pekan tersebut,” ungkap Robben.

Adapun kegiatan survei tersebut dilaksanakan selama 10 hari, yakni dari 11 hingga 21 Februari 2023.

Apabila pencairan PKH dan BPNT 2023 akan dilaksanakan setelah survey, maka ada kemungkinan bansos akan mulai disalurkan Februari atau Maret.

Dengan demikian, masyarakat dapat melakukan pengecekan secara berkala status pencairan bansos PKH dan BPNT 2023 melalui cekbansos.kemensos.go.id.

Cara Cek Penerima

Berikut cara cek penerima PKH dan BPNT 2023:

  1. Login link cekbansos.kemensos.go.id
  2. Pilih nama provinsi hingga desa sesuai alamat di KTP
  3. Input nama lengkap sesuai KTP dan kode verifikasi yang tertera di layar
  4. Klik tombol ‘Cari Data’
  5. Muncul daftar penerima bantuan ini.

Itulah pembahasan mengenai pemilik KIS BPJS Kesehatan PBI bisa dapatkan bansos PKH dan BPNT sembako 2023 pada bulan Maret, lengkap mengenai cara cek penerima bantuan sosial.***

Artikel ini telah tayang di lampungnesia.com dengan judul HORE! Bulan Maret 2023 Pemilik KIS Bisa Dapat Bansos PKH dan BPNT Sembako, Begini Info Terbaru Kemensos

Comments


EmoticonEmoticon