ANDA FULL SENYUM! 6 Bansos Ini Cair Lagi Usai Lebaran 2023, Apa Saja Ya?

 NKRIku.com - Berikut ini akan dibahas mengenai 6 bantuan sosial atau bansos yang akan cair usai Lebaran 2023.

Dilansir dari kanal Youtube DIARY BANSOS pada tanggal 24 April 2023 yang menjelaskan mengenai 6 bansos yang akan cair usai Lebaran 2023.

Seperti diketahui bahwa pemerintah kembali memberikan bantuan sosial atau bansos kepada keluarga penerima manfaat atau KPM.

6 bansos cair usai Lebaran 2023

Berikut ini merupakan daftar bantuan sosial atau bansos yang cair usai Lebaran 2023, yaitu:

  1. Bansos Pangan Beras 10 KG

Bantuan sosial atau bansos pangan berupa beras 10 kg, banyak dari keluarga penerima manfaat atau KPM yang telah menerima bansos pangan berupa beras 10 kg sebelum Lebaran.

Namun tidak sedikit para KPM yang belum menerima bansos pangan berupa beras 10 kg sebelum Lebaran 2023.

Diketahui bahwa bansos pangan berupa beras 10 kg ini berikan pemerintah kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat atau KPM.

Pada tanggal 20 April 2023 kemarin tercatat pendistribusian bantuan beras pada tahap pertama mencapai 71% atau sebanyak 151.925 ton dari total penyaluran sebanyak 213.530 ton untuk tahap yang pertama.

Terdapat 10 Provinsi yang telah 100% tersalurkan bansos pangan berupa beras yaitu Aceh, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Bengkulu, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, dan DKI Jakarta.

Selain itu terdapat beberapa Provinsi yang persentase penyaluran bansosnnya sudah di atas 80% seperti Sulawesi Tenggara, Jawa Timur, Papua Barat Daya, Jawa Tengah, Riau, dan Yogyakarta.

Dalam pendistribusian bansos pangan berupa beras 10 kg ini dari gudang Bulog akan diantar oleh tiga transporter yang sesuai dengan pembagian wilayah masing-masing yaitu PT Pos Indonesia, PT DNR, dan PT Jasa Prima Logistik atau PT JPL.

Bantuan sosial atau bansos pangan berupa beras 10 kg ini akan disalurkan kepada para KPM selama 3 tahap untuk 3 bulan yaitu bulan Maret, April, dan Mei.

Sedangkan bansos yang sudah disalurkan ini masih untuk bansos pangan berupa beras 10 kg tahap pertama.

  1. Bansos Pangan Telur dan Daging ayam

Untuk bansos tahap 2 sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan diberikan setelah Lebaran 2023 adalah bansos pangan berupa telur dan daging ayam kepada 1,4 juta keluarga rawan stunting atau KRS yang diambil dari BKKBN.

ID Food telah mengkonfirmasi bahwa ada sebanyak 74 ribu KRS yang sudah mendapatkan bansos pangan berupa telur dan daging ayam untuk tahap pertama.

Untuk 74 ribu keluarga rawan stunting yang mendapatkan bansos berupa telur dan daging ayam ini tersebar di 4 Provinsi yaitu Provinsi Banten, Provinsi Jawa Barat, Provinsi Jawa Tengah, dan Provinsi Timur.

  1. Bansos PIP

Bantuan PIP untuk tahap pertama hingga tahap ke 13 yang masuk ke dalam SK pemberian PIP pada tahun 2023 kepada siswa siswi jenjang pendidikan SD sederajat hingga SMA/SMK sederajat.

Sebanyak 6.219.281 penerima yang berasal dari data hasil pemadanan dapodik dan DTKS beserta data pensasaran percepatan kemiskinan ekstrem atau P3KE.

Diketahui bahwa tanggal 1 April 2023 sudah ada para penerima manfaat yang mendapatkan dana bantuan PIP.

Namun masih banyak juga para siswa siswi yang belum mencairkan dana bantuan PIP untuk tahap pertama hingga ke-13.

  1. BPNT

Bantuan Pangan Non Tunai atau BPNT merupakan bantuan program sembako untuk alokasi bulan Maret dan April pada tahun 2023.

Khusus bagi yang cair melalui kartu KKS pada periode bulan Januari dan Februari akan mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 400 ribu banyak para KPM yang masih belum mendapatkan bantuan BPNT.

Ada sebagian kecil para keluarga penerima manfaat atau KPM yang mendapatkan dana bantuan sebesar Rp 800 ribu dikarenakan pada bulan Januari dan Februari belum terambil bantuannya.\

Sehingga terakumulasi dengan alokasi pada bulan Maret dan April yang nantinya para KPM akan mendapatkan dana sebesar Rp 800 ribu.

Diketahui terdapat sebanyak 18,8 juta KPM yang sebagian kecil proses penyalurannya tidak melalui kartu KKS melainkan melalui PT Pos Indonesia.

BPNT yang akan cair melalui PT Pos Indonesia diketahui dananya akan cair langsung 3 bulan yaitu untuk bulan Januari, Februari, dan Maret.

Sedangkan untuk bulan April, Mei, dan Juni bantuan BPNT ini masih belum disalurkan kepada para penerima manfaat.

Bantuan BPNT ini diketahui dapat ditarik secara tunai melalui mesin ATM terdekat para KPM.

  1. BLT Kemiskinan Ekstrem

BLT Kemiskinan Ekstrem atau yang dulu namanya bantuan BLT Dana Desa dengan nominal Rp 300 ribu per bulan saat ini sudah memasuki tahap kedua untuk alokasi bulan April pada tahun 2023.

Untuk proses penyaluran bantuan BLT Kemiskinan Ekstrem ini diserahkan ke pemerintah desa, dalam penyalurannya ada yang dana bantuannya disalurkan setiap bulan dan ada yang disalurkan langsung 3 bulan.

Ada beberapa KPM yang telah mengkonfirmasi bahwa dana bantuan BLT telah cair sebanyak Rp 900 ribu untuk 3 bulan dan cara penyalurannya ada yang melalui undangan dari desa dan ada yang memberikan secara door to door atau langsung diberikan ke alamat penerima manfaat bansos.

  1. Bansos PKH Tahap 2

Bantuan sosial atau bansos PKH tahap 2 2023 untuk alokasi bulan April, Mei, dan Juni tahun 2023.

Namun sampai saat ini belum ada informasi resmi mengenai penyaluran bantuan PKH pada tahap kedua tahun 2023.

Ada kemungkinan bahwa proses penyaluran bansos PKH tahap 2 akan disalurkan pada bulan Mei atau di bulan Juni 2023.

Demikian informasi mengenai 6 bantuan sosial atau bansos yang akan cair usai Lebaran 2023.(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Full Senyum! 6 Bansos Ini Cair Lagi Usai Lebaran 2023, Apa Saja Ya?

Comments


EmoticonEmoticon