Segera Periksa dan Catat! 7 Bansos ini Bakal Cair Jelang Lebaran, Apa Saja itu?

NKRIku.com - Kabar gembira bagi seluruh masyarakat yang namanya tercatat sebagai penerima bantuan Sosial (Bansos) pada tahun 2023 ini.

Pasalnya menjelang datangnya hari raya Idul Fitri 1444 H, pemerintah kembali menyalurkan sejumlah bantuan sosial (bansos) kepada KPM yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Tidak tangung-tanggung infonya ada 7 bansos yang bakalan cair.

Berikut ke-7 jenis bansos yang akan cair tersebut dan kamu wajib cek KTP mu sekarang juga.

  1. Bansos PKH

Nominal dana yang akan diterima oleh KPM dari bansos jenis ini bervariatif tergantung dengan komponen anggota keluarga yang dimiliki yang tercatat pada data di Kemensos.

  1. Bansos BPNT atau sembako

Nominal yang akan diterima KPM dari bansos jenis ini adalah senilai Rp200 ribu yang akan disalurkan setiap tiga bulan sekali.

Proses pencairan jenis bansos ini dapat dilakukan melalui ATM bank himbara atau Kantor Pos sesuai dengan kebijakan terbaru dari menteri Tri Risma.

Nantinya sejumlah uang yang diperoleh bebas dibelanjakan di warung mana pun.

Namun, beberapa wilayah masih terdapat oknum yang mewajibkan KPM membelanjakan dana tersebut di warung tertentu.

  1. Bansos PIP

Pada tahun ini bantuan PIP akan diberikan kepada 6.432.461 penerima yang masuk dalam daftar data Dapodik, DTKS, dan data P3KE maupun sasaran percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem baik yang ada di kelas akhir maupun yang ada di kelas berjalan.

  1. Bantuan BLT Miskin Ekstrem

Bansos ini merupakan bansos peralihan dari BLT dana desa yang nantinya akan diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori miskin ekstrem.

Pada alokasi bulan April ini para penerima bansos ini akan menerima uang sejumlah Rp300 ribu yang akan disalurkan langsung dari pihak desa.

Jika pencairan tersebut dirangkap untuk tiga bulan, KPM yang menerima bansos ini akan mendapatkan uang sejumlah Rp900 ribu.

  1. Bansos PBI

Bansos PBI merupakan bansos layanan kesehatan secara gratis yang tidak bisa ditukarkan dalam bentuk uang, melainkan dalam bentuk pangan beras 10 Kilogram.

  1. Bantuan pangan berupa beras 10 kg

akan diberikan kepada 21,3 juta KPM yang tercatat dalam DTKS Kemensos.Bansos ini rencananya akan disalurkan selama tiga bulan yaitu Maret, April, Mei melalui PT Pos, PT DNR dan PT JPLB.

  1. Bansos Pangan Telur dan Daging Ayam

Bantuan sosial ini akan diberikan kepada 1,4 juta KPM yang memiliki balita dan balita berpotensi alami stunting berdasarkan data dari Bkkbn. KPM yang telah terdaftar nantinya akan memperoleh bantuan berupa daging ayam seberat 1 kg dan 10 butir telur ayam yang akan disalurkan selama tiga bulan yaitu April, Mei dan Juni. (***)

Artikel ini telah tayang di radarutara.disway.id dengan judul Segera Periksa dan Catat! 7 Bansos ini Bakal Cair Jelang Lebaran

Comments


EmoticonEmoticon