HARI INI Bansos Pangan Telur dan Daging Ayam Mulai Dibagikan, Bagaimana Cara Dapatnya?

NKRIku.com - Direktur Utama PT Pos Indonesia Faizal R Djoemadi mengatakan pihaknya akan membagikan bantuan sosial atau bansos pangan berupa telur dan daging ayam mulai hari ini.

Ia menjelaskan bansos akan dikirimkan ke alamat penerima, namun bisa juga diambil secara langsung di kantor pos terdekat.

"Kalau yang dekat dengan kantor pos, bisa diambil di kantor pos. Daftar penerima bansos ini merujuk pada data keluarga rawan stunting dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional)," tutur Faizal saat ditemui di Kantor Pos Bekasi, Jawa Barat pada Sabtu, 15 April 2023.

Bagi penerima yang alamatnya jauh dari kantor pos, Pos Indonesia akan mengirim paket bansos ke pusat komunitas seperti balai desa.

Bagi penerima yang masuk dalam kategori disabilitas, bansos pangan tersebut akan langsung diantar ke alamat rumahnya. Begitu juga bagi penerima di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T).

Bansos pangan tersebut berisi daging ayam 1 ekor karkas atau sekitar 0,9-1,1 kg dan 1 tray telur ayam atau sebanyak 10 butir. Paket bansos diberikan tiga kali dalam dalam tiga bulan.

Pada tahap pertama, bansos didistribusikan kepada 78.000 keluarga rawan stunting. Bansos ini baru diberikan di empat provinsi, yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Banten.

PT Pos Indonesia menyatakan telah mengirim undangan kepada seluruh penerima bansos telur dan daging ayam ini.

Pada undangan tersebut, tertulis tanggal dan waktu pengambilan bansos. Dalam undangan, terdapat tiga QR Code yang harus di-scan oleh penerima setiap mengambil paket bansos.

"Jadi tidak ada yang ngambil lebih dari tiga kali," ucap Faizal.

Selain itu, penerima bansos harus menunjukkan KTP untuk mencocokkan data dengan daftar yang dimiliki PT Pos Indonesia. Faizal berujar data di KTP harus sesuai dengan Kartu Keluarga.

Nantinya, seluruh data dan foto penerima akan terhubung ke dashboard PT Pos Indonesia secara online dan real time. Sehinga, semua pihak terkait bisa melihat progres distribusi bansos ini.

Sementara itu, PT Pos Indonesia telah menyiapakan sekitar 15 ribu karyawan dan mitra untuk membantu penyaluran bantuan ini.

"Kami sudah sangat siap untuk menyalurkan bantuan telur daging ayam ini hingga 19 April nanti," ujar Faizal.(***)

Artikel ini telah tayang di bisnis.tempo.co dengan judul Hari Ini Bansos Pangan Telur dan Daging Ayam Mulai Dibagikan, Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Comments


EmoticonEmoticon