KABAR BAIK! Pemilik KIS dengan 4 Ciri Ini Dapat BLT Dobel Setelah Lebaran, Cek Namamu di Sini!

 NKRIku.com - Setelah pemerintah, dalam hal ini Kementerian Sosial RI, menyalurkan bantuan sosial (bansos) antara Maret hingga April, para pemegang kartu KIS kembali mendapatkan bantuan dengan fungsi khusus.

Bantuan ini akan disalurkan setelah perayaan ini, tepatnya pada Mei 2023.

Di mana Anda bisa mendapatkan dukungan penghasilan tambahan?

Pemegang kartu KIS yang yakin mendapatkan manfaat kesejahteraan ganda ini memiliki kriteria sebagai berikut.

Pertama masukkan informasi DTKS.

Kedua, Anda memiliki NIK dan KK Padan dan Dukcapil online, DTKS, Emis dan Dapodik.

Ketiga, dicantumkan dalam Informasi Bantuan Tambahan Penghasilan yang tersedia di Dinas Sosial, Kabupaten, Desa dan Keluhan tempat tinggalnya.

Keempat, pemegang kartu KIS adalah mereka yang pembayaran bulanannya ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Bantuan pendapatan yang akan diterima meliputi BLT BPNT sembako, PKH Tingkat 2 dan bantuan pendapatan tambahan.

Ini dimungkinkan karena beberapa alasan. Yang pertama sudah waktunya untuk membayar bantuan pendapatan PKH tahap kedua, sekarang dalam bentuk BLT.

Kedua, bertepatan dengan penyaluran Sembako BPNT di triwulan kedua yang saat itu meski lebaran telah usai, tetap dilanjutkan.

Kemudian ada subsidi pangan tahun 2023, pada bulan Mei 10 kg beras dan 1 kg daging dijatahkan dan pada bulan April 10 telur dibagikan kepada penerima bantuan hidup yang tergolong tertinggal.

Jika Anda ingin mengetahui apakah Anda menerima tunjangan penghasilan atau tidak, cukup masuk ke permintaan pencabutan aplikasi atau ke situs web resmi yang dikelola oleh Pusdatin Kementerian Sosial, yaitu www.cekbansos.go.id.

Jika Anda belum memiliki akun, Anda dapat membuatnya terlebih dahulu menggunakan email, nomor kartu keluarga, dan KTP.

Jika Anda sudah terdaftar, masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Anda.

Kemungkinan lain adalah aplikasi SIK-NG yang dimiliki oleh puskesmas PKH, bidan desa dan dinas sosial setempat.

Anda dapat meminta ini langsung dari otoritas lokal terkait. Selain itu, jika Anda belum menerima dukungan pendapatan, Anda harus terlebih dahulu mencoba memasukkan informasi dalam proposal aplikasi kompetisi atau verifikasi dukungan pendapatan.

Sebagai alternatif, Anda dapat mengajukan permohonan keanggotaan DTKS ke otoritas desa atau kabupaten setempat.

Tentunya sesuai dengan persyaratan yang ditentukan. Dalam hal ini, Anda memang berasal dari keluarga kurang mampu/rentan yang termasuk kategori miskin di desil terbawah.

Demikian lah ciri-ciri KIS yang akan mendapat BLT double setelah lebaran.***

Artikel ini telah tayang di ayobandung.com dengan judul Pemilik KIS dengan 4 Ciri Ini Dapat BLT Dobel Setelah Lebaran, Segera Cek Namamu di Sini!

Comments


EmoticonEmoticon