RESMI! Bansos PKH dan BPNT Dipercepat Melalui Kantor POS dan Akan Cair Sebelum Lebaran 2023

NKRIku.com - Berikut ini akan dibahas mengenai bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT yang resmi dipercepat melalui Kantor Pos dan diperkirakan akan cair sebelum Lebaran 2023.

Dilansir dari kanal Youtube INFO BANSOS pada tanggal 11 April 2023 yang menjelaskan bahwa penyaluran dana bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT melalui Kantor Pos ada lagi yang masuk untuk gelombang bansos yang kedua.

Seperti yang diketahui dari surat resmi yang berisikan penghentian penyaluran pada bansos BPNT sembako melalui agen e-warung, pemerintah memberikan alternatif penyaluran melalui dua mekanisme yaitu Bank Himbara dan PT Pos Indonesia.

Namun pada penyaluran bansos memakai dua mekanisme yaitu melalui kartu KKS dan PT Pos Indonesia dikarenakan berdasarkan pendekatan akses wilayah, lebih kurang sebanyak 431 Kabupaten Kota akan disalurkan melalui KKS ATM yang dimiliki oleh keluarga penerima manfaat.

Sedangkan untuk 83 Kabupaten Kota akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia melalui undangan bagi daerah yang masuk ke dalam kategori sebagai terluar, tertinggal, dan terpencil.

Untuk penyaluran melalui kartu ATM yang merangkap Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS sudah mulai disalurkan kepada para penerima sejak kemarin dengan bentuk uang tunai.

Adapun tujuan penyaluran berbentuk uang tunai yaitu untuk menjaga inklusi keuangan terutama untuk akses produk finansial kepada masyarakat yang rentan memiliki penghasilan yang rendah dan disabilitas.

Diketahui bahwa penyaluran bantuan sosial atau bansos melalui PT Pos Indonesia akan diberikan untuk 3 bulan dan hal ini berbeda dengan penyaluran bansos melalui KKS atau ATM untuk para keluarga penerima manfaat akan hanya menerima Rp 400 ribu untuk dua bulan.

Hal itu dikarenakan daerah tersebut termasuk akses mudah dalam urusan perbankan dan pada bulan April para penerima manfaat dalam penyaluran bansos melalui PT Pos diberitakan bahwa penyaluran gelombang kedua dikabarkan hampir mencakup seluruh Kabupaten Koda yang ada di seluruh wilayah Indonesia yaitu 431 Kabupaten Kota.

Sehingga total penyaluran gelombang kedua melalui PT Pos Indonesia yaitu dikabarkan mencapai 514 Kabupaten Kota di wilayah Indonesia.

Dibandingkan dengan penyaluran bansos pada gelombang kedua hanya disalurkan kepada 83 Kabupaten Kota.

Selain itu, terdapat 1,2 juta keluarga penerima manfaat atau KPM yang nantinya akan mendapatkan bansos yang penyalurannya melalui PT Pos Indonesia.

Kemudian untuk pencairan bansos PKH dan BPNT melalui Kantor Pos adalah pencairan pada gelombang kedua, jadi pada tahap 1 yang melalui PT Pos baik pada gelombang pertama dan gelombang kedua jumlah penerima manfaat sebanyak 2,3 juta untuk 83 Kabupaten Kota.

Nantinya akan dialokasikan kepada 1,1 juta KPM merupakan pencairan pada tahap 1 gelombang pertama.

PT Pos menerima bantuan sosial atau bansos sembako dan PKH dan dilaporkan pada Kantor Pos Bondowoso akan mendapat alokasi bansos tunai untuk 758 keluarga penerima manfaat atau KPM.

Penyaluran bansos sembako dan PKH kepada keluarga penerima manfaat atau KPM berjalan lancar seperti yang dilakukan oleh Kantor Pos Bondowoso, Jawa Timur.

Eksekutif Manager KC Pos Indonesia Bondowoso yaitu Adawiyah mengatakan bahwa penyaluran bansos kali ini pihaknya mendapatkan alokasi untuk 758 KPM.

Selain itu, penyaluran bansos sembako yang dulunya bernama bantuan pangan non tunai atau BPNT dan PKH dilakukan di desa Kali Gedang Bondowoso, Jawa Timur.

Untuk gelombang 2 akan mendapatkan alokasi sebanyak 43 keluarga penerima manfaat atau KPM yang akan disalurkan pada awal bulan April 2023 dengan metode yang sama.

Perangkat desa Kali Gedang yaitu Rika menambahkan data yang diterimanya untuk penyaluran PKH dan BPNT kepada 271 keluarga penerima manfaat atau KPM.

Adapun penerima PKH diantaranya lansia dan anak sekolah, namun terdapat kendala mengenai pembagian undangan yang tidak dapat dilakukan pada saat jam kerja.

Hal itu dikarenakan rata-rata penduduk di desa Kali Gedang bekerja sebagai petani, oleh karena itu pembagian undangan disalurkan setelah maghrib.

Untuk keluarga penerima manfaat atau KPM yang dinyatakan sudah meninggal telah Rika selaku perangkat desa laporkan kepada Kementerian Sosial atau Kemensos.

Sementara itu petugas juru bayar yaitu Lulu Ilma telah memastikan bahwa bantuan sosial atau bansos dapat disalurkan tepat sasaran dan tepat waktu kepada para penerima manfaat.

Para keluarga penerima manfaat atau KPM dapat memastikan terlebih dahulu apakah namanya terdaftar sebagai penerima bansos melalui aplikasi Cek Bansos atau laman Cek Bansos yaitu cekbansos.kemensos.go.id.

Diketahui setiap bulannya akan dilakukan verifikasi data para keluaraga penerima manfaat atau KPM yang berhak untuk mendapatkan bansos.

Berikut merupakan cara untuk cek bansos 2023, yaitu:

  1. Buka situs Cek Bansos yaitu cekbansos.kemensos.go.id
  2. Masukkan nama wilayah penerima manfaat yang terdiri dari Provinsi, Kabupaten atau Kota, Kecamatan dan Desa
  3. Masukkan nama lengkap penerima
  4. Lalu ketik kode CAPTCHA yang tertera di layar
  5. Setelah itu, klik bagian ‘Cari Data’

Nantinya pencarian akan dilakukan berdasarkan data yang dimasukkan ke dalam situs Cek Bansos.

Demikian informasi mengenai bantuan sosial atau bansos PKH dan BPNT yang resmi dipercepat melalui Kantor Pos dan diperkirakan akan cair sebelum Lebaran 2023.(***)

Artikel ini telah tayang ayobogor.com dengan judul RESMI! Bansos PKH dan BPNT Dipercepat Melalui Kantor POS dan Akan Cair Sebelum Lebaran 2023

Comments


EmoticonEmoticon