KABAR BAHAGIA! Cek Segera Bansos Cair Mei 2023 Anda Bakal Terima 5 Bantuan ini

 NKRIku.com - Berikut akan dibahas cek bansos cair Mei 2023 anda masuk daftar penerima bantuan yang mana? cek selengkapnya!.

Bantuan Sosial (Bansos) merupakan sebuah program yang digalakan pemerintah dalam rangka memberi perlindungan sosial terhadap masyarakatnya. Mei 2023 akan ada bansos dari pemerintah yang akan cair.

Adapun program bansos 2023 diperuntukkan untuk seluruh masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi terutama menyangkut upaya dalam meningkatkan daya beli masyarakat yang lemah secara ekonomi.

Ada berbagai program bansos yang telah disiapkan oleh pemerintah seperti halnya program Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP), Bantuan PIP Kementrian Agama (PIPKemenag) dan Bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Selain dari kelima bantuan yang disebutkan sebelumnya, masih banyak program yang dilakukan pemerintahan terkait bantuan sosial.

Hanya saja informasi yang telah resmi dikeluarkan adalah terkait kelima program bansos tersebut.

Berikut ini beberapa daftar bansos yang akan cair pada Mei 2023:

  1. Bansos Program Keluarga Harapan (PKH)

Bansos ini akan dikucurkan melalui program Kemensos bagi 10 juta keluarga penerima manfaat (KPM). Bansos PKH dibagikan dengan besaran nominal bantuan yang beragam yakni mulai Rp200.000 hingga Rp3 juta tergantung hak dari masing-masing penerima.

  1. Program Kartu Sembako

Program Kartu Sembako akan dikucurkan bagi 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM), masing-masing senilai Rp200.000.

  1. PIP Kemendikbud Ristek

Kementerian Pendidikan juga berencana mengalokasikan dana bagi 17,9 juta siswa di seluruh wilayah Indonesia mulai dari tingkat SD hingga SMA. Nantinya, para pelajar akan diberikan sejumlah dana yang harus digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

  1. PIP Kementerian Agama

Sementara, bagi para peserta didik yang di bawah naungan kementerian Agama seperti MI, MTs dan MA juga akan mendapatkan dana bansos seperti halnya PIP Kemendikbud Ristek yang harus digunakan untuk menunjang proses pembelajaran.

  1. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Seperti di tahun 2022 pemerintah juga akan memberikan bantuan kepada para pemilik KIS untuk diberikan bantuan beripa iuran BPJS kesehatan setiap bulannya.

Namun yang menjadi pertanyaan adalah persyaratan dan ketuan seperti apa yang diperlakukan bagi calon penerima dari kelima bansos cair Mei 2023 yang telah dibahasl?

Ketentuan dan Persyaratan Bagi Calon Penerima Bansos

Sebagaimana yang diungkap lebih dahulu, bahwa sasaran utama dari progam bansos dari pemerintah adalah masyarakat yang berada pada ukuran kurang mampu.

Lebih lanjut lagi hal ini dibutikkan dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang harus sudah terdaftar dan terdeteksi dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Jadi singkatnya, siapa saja yang namanya sidah tercatat dalam database yang dimiliki DTKS ia telah memiliki hak untuk menerima bansos yang diberikan oleh pemerintah.

Kabarnya, untuk tahun 2023 bantuan sosial akan dicairkan melalui 4 tahap yang berikan secara berkala kepada penerima.

Apakah Kamu akan jadi Penerima Dana Bansos Mei 2023?

Untuk memastikan apakah kamu, saudaramu, keluargamu atau tetanggamu termasuk penerima bansos, maka kamu bisa langsung melakukan pengecekan secara online.

Cara ini sangat mudah sebab kamu hanya perlu mempersiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) setelah itu kamu akan mengetahui status kamu yang sebagai penerima bansos atau bukan.

Meskipun dilakukan secara online, kamu juga perlu tahu bahwa terdapat dua cara yang bisa dilakukan untuk cek bansos, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yakni cek secara online melalui situs resmi dari Kemensos cekbansos.kemensos.go.id.
  2. Atau cek secara online menggunakan aplikasi cek bansos
    https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.kemensos.pelaporan

Itulah cek bansos cair Mei 2023 anda masuk daftar penerima bantuan yang mana? cek selengkapnya!.

Semoga informasi cek bansos cair Mei 2023 ini bermanfaat untuk anda!(***)

Artikel ini telah tayang di ayobogor.com dengan judul Cek Bansos Cair Mei 2023 Anda Bakal Terima 5 Bantuan ini dari Pemerintah!

Comments


EmoticonEmoticon