ALHAMDULILLAH! BLT PKH Rp600 Ribu Tahap 3 Sudah Cair, Segera Cek Nama Kamu di Link Ini


NKRIku.com - Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 tahun 2023 sudah cair di beberapa daerah.


Apakah Anda termasuk dalam penerima bantuan PKH Tahap 3? Bagaimana cara mengecek nama Anda? Apa saja syarat dan cara menerima bantuan ini?


Simak ulasan berikut untuk mengetahui jawabannya.


Bantuan Langsung Tunai (BLT) Program Keluarga Harapan (PKH) Tahap 3 tahun 2023 sudah mulai disalurkan oleh pemerintah kepada penerima manfaat.


Bantuan ini diberikan kepada rumah tangga sangat miskin (RTSM) yang memiliki anggota keluarga lansia atau penyandang disabilitas.


Salah satu bantuan ini memiliki besaran Rp600 ribu per tahap atau Rp2,4 juta per tahun.


Apa Itu Program Keluarga Harapan?


Program Keluarga Harapan atau PKH adalah salah satu bentuk perlindungan sosial yang diberikan oleh pemerintah kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM).


PKH memberikan bantuan uang non tunai kepada RTSM yang memenuhi kriteria tertentu, yaitu memiliki anggota keluarga yang sedang hamil/nifas/menyusui, atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum bersekolah di SD, atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum lulus pendidikan dasar.


PKH tidak hanya memberikan bantuan uang, tetapi juga mensyaratkan penerima untuk melakukan hal-hal yang dapat meningkatkan kesejahteraan mereka, seperti mengikutsertakan anak-anak mereka ke sekolah dengan tingkat kehadiran minimal, melakukan pemeriksaan kesehatan dan/atau memperhatikan asupan gizi dan gaya hidup sehat bagi anak-anak dan ibu hamil.


Program ini dikenal secara internasional sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.


PKH bertujuan untuk membantu RTSM keluar dari kemiskinan dan memutus rantai kemiskinan antar generasi, serta untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia.


Dengan PKH, diharapkan RTSM dapat meringankan beban ekonomi mereka di jangka pendek, dan dapat memberikan pendidikan dan kesehatan yang lebih baik bagi anak-anak mereka di jangka panjang, sehingga mereka dapat memiliki masa depan yang lebih cerah.


Besaran Bantuan PKH 2023


Berikut adalah besaran bantuan PKH 2023 yang diterima oleh penerima sesuai dengan kategori mereka:


1) Ibu hamil/nifas dan anak usia dini/balita menerima bantuan sebesar Rp750.000 setiap tahap atau Rp3 juta dalam setahun.


2) Lansia dan penyandang disabilitas menerima bantuan sebesar Rp600.000 setiap tahap atau Rp2,4 juta dalam setahun.


3) Anak sekolah SD menerima bantuan sebesar Rp225.000 setiap tahap atau Rp900 ribu dalam setahun.


4) Anak sekolah SMP menerima bantuan sebesar Rp375.000 setiap tahap atau Rp1,5 juta dalam setahun.


5) Anak sekolah SMA menerima bantuan sebesar Rp500.000 setiap tahap atau Rp2 juta dalam setahun.


Cara Menerima Bantuan PKH 2023


Ada beberapa cara untuk menerima bantuan PKH 2023, tergantung pada akses dan kondisi penerima.


Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melalui Pos Indonesia, dengan tiga skema yang ditawarkan oleh pemerintah.


Skema ini khusus untuk KPM yang memiliki akses terbatas, seperti lansia, penyandang disabilitas, dan masyarakat di Kawasan 3T.


1) Anda dapat langsung datang ke Kantor Pos sesuai dengan jadwal pencairan yang ditentukan.


2) PT Pos Indonesia akan mengunjungi komunitas Anda, seperti RT, RW, Kelurahan, dan Banjar, untuk menyalurkan bantuan secara kolektif.


3) Skema door to door, di mana petugas Pos Indonesia akan mengirimkan bantuan langsung ke rumah Anda.


Cara Cek Nama Penerima PKH


Cara Mengetahui Nama Penerima Bantuan PKH 2023 Terbaru Anda dapat mengecek apakah Anda termasuk dalam daftar penerima bantuan PKH 2023 terbaru dengan mengikuti langkah-langkah berikut:


1) Buka situs cekbansos.kemensos.go.id di browser web Anda.


2) Isi data Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan Anda sesuai dengan domisili Anda.


3) Ketik nama Penerima Manfaat yang sesuai dengan KTP Anda di kolom nama.


4) Masukkan kode yang muncul di kotak kode untuk verifikasi.


5) Klik tombol “CARI DATA” untuk melihat hasil pencarian Anda.


Jika nama Anda terdaftar sebagai penerima bantuan PKH 2023, maka Anda akan melihat informasi mengenai besaran bantuan, status penyaluran, dan skema pencairan yang berlaku untuk Anda.


Jika nama Anda tidak terdaftar, maka Anda akan melihat pesan bahwa data Anda tidak ditemukan.


Artikel ini telah tayang di Intisari-online.com dengan judul ALHAMDULILLAH BLT PKH Rp600 Ribu Tahap 3 Sudah Cair, Segera Cek Nama Kamu di Link Ini

Comments


EmoticonEmoticon