JANGAN SAMPAI LEWAT! Cara Cek Bansos BPNT 2023 Lewat Hp, Alhamdulillah Rp600.000 Segera Cair?


NKRIku.com - Ternyata begini cara cek bansos BPNT 2023 lewat Hp, bantuan Rp600.000 akan segera cair, jangan sampai terlewat.


Saat ini pengecekan atau ulasan tentang cara cek bansos BPNT 2023 lewat Hp masih terus menjadi sorotan.


Sebab saat ini, informasi mengenai bantuan sosial (bansos) bisa di akses melalui Hp dengan membuka cekbansos.kemensos.go.id.


Pemerintah bersama Kementerian sosial (Kemensos) telah menjalankan serangkaian program bantuan sosial (Bansos) untuk membantu masyarakat miskin dan rentan di Indonesia.


Salah satu program bansos pemerintah bersama Kemensos adalah BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai).


BPNT merupakan bantuan sosial pemerintah yang disalurkan dari Kementerian Sosial untuk masyarakat miskin dan rentan ekonomi.


Bansos BPNT adalah bantuan berupa sembako yang diberikan pemerintah kepada keluarga miskin.


Di tahun 2023 ini, penyaluran bansos BPNT dilakukan dalam empat tahapan. Dua tahapan telah sukses dilaksanakan yakni pada periode Januari-Maret dan April-Juni.


Saat ini, Kementerian Sosial sedang menyiapkan penyaluran bansos BPNT 2023 Tahap 3 yang direncanakan berlangsung pada bulan Juli hingga September 2023.


Jika merujuk pada junkis pemerintah, bansos BPNT 2023 tahap 3 memang dijadwalkan cair di bulan Juli 2023.


Bagi penerima yang telah terdaftar di DTKS Kementerian Sosial dapat cek namanya di cekbansos.kemensos.go.id.


Sebanyak 19  juta penerima manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan BPNT ini. Tentu saja sesuai dengan ketentuan yang telah berlaku.


Dana bansos BPNT 2023 dapat digunakan penerima manfaat, misalnya untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, telur serta bahan-bahan pokok lainnya.


Bagi yang terdaftar menjadi KPM BPNT 2023, dalam jangka waktu satu tahun akan terima bansos Rp2.400.000 atau Rp200.000 per bulannya dari pemerintah.


KPM bisa mencairkan dana bulanan bansos BPNT tahap 3 sebesar Rp600.000.


Dana ini merupakan akumulasi periode Juli, Agustus dan September 2023.


Sehingga dalam 1 kali tahap pencairan, KPM akan menerima bansos BPNT 2023 sekaligus sesuai dengan alokasi penyalurannya.


Selanjutnya, bansos BPNT 2023 akan disalurkann melalui 2 mekanisme, yakni melalui Bank Himbara dan juga PT Pos Indonesia.


Untuk mengetahui nama penerima masuk atau tidak sebagai penerima bansos BPNT 2023, dapat segera langsung akses laman cekbansos.kemensos.go.id.


Kemudian, lebih dulu pastikan bahwa sudah terdaftar dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) Kemensos, sehingga tak lagi bingung kenapa nama tidak ada pada laman tersebut.


Masyarakat bisa menjadi bagian dari KPM bansos BPNT Juli 2023 dan dana bansos kali ini akan berupa uang tunai  tidak lagi dalam bentuk sembako yang dicairkan secara rutin selama satu tahun, jika memenuhi syarat tertentu dari Kemensos RI.


Jika KPM telah dinyatakan terdaftar di DTKS Kemensos, dapat segera cek penerima bansos BPNT 2023 hanya lewat HP saja.


Begini cara cek bansos BPNT 2023 lewat Hp di cekbansos.kemensos.go.id.


1. Login ke laman website cekbansos.kemensos.go.id


2. Sediakan kartu identitas berupa KTP sebagai rujukan mengisi data


3. Masukkan data alamat lengkap sesuai yang diminta


4. Isilah nama secara lengkap sesuai yang tercantum di KTP


5. Isilah kode captcha yang muncul di kolom tersebut


6. Lalu, klik bagian 'Cari Data'


7. Jika nama penerima manfaat ada di DTKS, akan muncul juga sejumlah data penerima bansos seperti usia, status, jangka waktu, hingga jenis bansos yang didapatkan.


Perlu Anda ketahui, telah disepakati bahwa kini penyaluran BPNT akan dibagikan dalam bentuk uang tunai.


Demikian informasi mengenai cara cek bansos BPNT 2023 lewat Hp, bantuan Rp600.000 segera cair. Semoga membantu dan bermanfaat.(***)


Artikel ini telah tayang di betv.disway.id dengan judul Begini Cara Cek Bansos BPNT 2023 Lewat Hp, Alhamdulillah Bantuan Rp600.000 Segera Cair, Jangan Sampai Terlewat

Comments


EmoticonEmoticon